Mercinews


Prabowo Pertanyakan Keuntungan Freeport Dikuasai Indonesia

Prabowo Pertanyakan Keuntungan Freeport Dikuasai Indonesia/Foto: Antara Foto/Rivan Awal Lingga

Jakarta, Mercinews.com – Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyindir keberhasilan capres nomor urut 01 sekaligus petahana Joko Widodo (Jokowi) dalam merebut tambang Freeport di Papua. Itu dia sampaikan dalam penutup debat Capres Kelima di Hotel Sultan, Jakarta.

Prabowo mempertanyakan klaim bahwa Indonesia sudah menguasai 51% saham di tambang Freeport. Pasalnya berdasarkan laporan yang dia terima, pihak PT Freeport masih memperoleh keuntungan sebesar 82%.

Baca juga:  GNPF Kecewa, Ulama Cuma Diminta Mendorong Mobil Mogok

“Klaim Freeport keberhasilan Indonesia, saya ingin mempertanyakan karena kita kuasai 51% (saham), tapi pihak sana sudah melaporkan bahwa keuntungannya mereka kuasai 82%,” ujarnya Sabtu (13/4/2019).

Untuk itu, dia meragukan keberhasilan pemerintahan Jokowi dalam merebut kembali tambang Freeport yang disebut sebagai keberhasilan bangsa Indonesia.

“Jadi di mana keberhasilan bangsa Indonesia?” jelas Prabowo.

Sebelumnya, saat membuka sesi debat, Jokowi mengulang lagi upaya pemerintah merebut aset dari pihak asing. Jokowi memaparkan pemerintah telah merebut blok migas Mahakakam, blok migas Rokan, dan menguasai mayoritas saham PT Freeport Indonesia.

Baca juga:  Ma'ruf Amin: Mana Bisa Ahok Gantikan Saya, Ada Mekanismenya

“Sumber daya alam strategis sebelumnya dikelola asing, dikuasai negara seperti blok Mahakam, blok Rokan dan Freeport,” ujar Jokowi dalam Debat Kelima Pilpres di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). (dna/dna)

Sumber:detikcom

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.