Mercinews


Di Suhu 2 Derajat Celsius, WNI Antusias Nyoblos di KBRI Helsinki Finlandia

Foto: Pemungutan suara di KBRI Helsinki (Dok. Istimewa)

Jakarta, Mercinews.com – WNI di Finlandia dan Estonia ramai-ramai menggunakan hak suara mereka. Mereka mencoblos di TPSLN 001 Helsinki yang berada di KBRI Helsinki.

Dalam keterangan KBRI Helsinki, Senin (15/4/2019), jumlah total pemilih yang terdaftar dalam DPTLN Helsinki kali ini 596 orang yang terdiri dari 211 orang menggunakan metode TPSLN dan 385 orang menggunakan metode Pos. Sejak TPSLN dibuka pukul 08.00 EEST, para WNI yang bermukim dan berada di Finlandia dan Estonia mendatangi KBRI Helsinki untuk menyalurkan hak suara.

“Suhu 2 derajat celsius tidak menyurutkan antusiasme para WNI untuk tetap datang memberikan hak suaranya. Jumlah pemilih yang hadir adalah sebanyak 178 orang atau 84% dari pemilih dalam DPTLN. Selain itu terdapat 9 orang dalam DPTbLN dan 8 orang dalam DPKLN yang juga datang dalam pemungutan suara kali ini,” bunyi keterangan pers KBRI Helsinki.

Baca juga:  Ini Kata Aktivis Kemanusiaan Ira Hadiati Tentang Alasannya Maju ke DPR RI

Para WNI di luar negeri juga diperbolehkan untuk memberikan suaranya melalui Pos. Hingga tanggal 13 April 2019 pukul 18.00 EEST, jumlah pemilih yang mengirimkan surat suaranya sebanyak 221 orang.

“Jumlah tersebut akan terus bertambah hingga penutupan penerimaan surat suara metode Pos sebelum Rapat Penghitungan Suara dimulai pada tanggal 17 April 2019,” lanjut bunyi keterangan pers KBRI Helsinki.

Baca juga:  Prabowo Pertanyakan Keuntungan Freeport Dikuasai Indonesia

Kegiatan penghitungan suara di PPLN Helsinki akan diselenggarakan pada Rabu, 17 April 2019, pukul 13.00 EEST bertempat di KBRI Helsinki.

Selain mengikuti kegiatan Pemilu, para warga yang memilih juga berkesempatan untuk temu kangen dengan masyarakat Indonesia lainnya dan berwisata kuliner dalam acara Bazar Rakyat yang diselenggarakan di KBRI Helsinki.

“Masyarakat Indonesia yang hadir mengaku senang dapat berpartisipasi dalam pemilu di luar negeri dan berharap semoga pesta demokrasi lima tahunan ini dapat berjalan dengan damai dan tentram, serta membawa kebahagiaan bagi rakyat Indonesia,” jelas KBRI Helsinki. (gbr/tor)

 

 

Sumber: detikcom

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.