Mercinews


Rotan asal Aceh Barat mulai dikirim ke Cirebon, warga peroleh Rp1 juta/hari

Proses Penjemuran Rotan untuk dijadikan rotan siap pakai sebagai bahan kerajinan di Gampong Kabu Blang Sapek Kecamatan Suka Makmue, Nagan Raya, Jumat 16 November 2018. [ACEHEKSPRES/ ZULFIKAR]

Meulaboh, Mercinews.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memastikan rotan yang merupakan hasil hutan kini sudah mulai dikirim ke Cirebon, Jawa Barat, sebagai bahan baku industri kerajinan tangan.

“Alhamdulillah rotan dari Aceh Barat sudah mulai memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat,” kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS kepada Antara di Meulaboh, Senin (15/4).

Rotan yang diperoleh dari sejumlah kawasan hutan di empat kecamatan seperti Sungai Mas, Panton Reue, Woyla Timur, serta Woyla tersebut dikirim ke luar daerah, setelah sebelumnya dilakukan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dengan Pemkab Cirebon pada tahun 2018.

Baca juga:  Dua WNA Asal Pantai Gading Ditahan Kantor Imigrasi Meulaboh 

Rotan-rotan yang memiliki nilai ekonomis ini, nantinya juga akan dikirimkan ke luar negeri dalam bentuk barang jadi seperti barang seni, hasil kerajinan rumah tangga, serta aneka kerajinan yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Dengan penjualan rotan tersebut, kini sebagian besar masyarakat di empat kecamatan khususnya pengrajin rotan sudah mulai memiliki pendapatan minimal sebesar Rp1 juta dari hasil penjualan rotan, yang dicari dari dalam kawasan hutan dan kebun milik masyarakat.

Baca juga:  Agus Harimurti Yudhoyono nikmati kopi dan mie Geurutee

“Ini merupakan rahmat bagi masyarakat Aceh Barat, karena dalam satu hari bisa mendapatkan uang lebih besar dari menjual rotan,” katanya.

Menurutnya, rotan yang dihasilkan dari Aceh Barat memiliki nilai jual yang sangat bagus dipasaran nasional karena berkualitas sangat baik, serta mampu memenuhi kebutuhan nasional guna meningkatkan ekonomi masyarakat, dan pengembangan ekonomi kreatif termasuk pengembangan usaha mikro.

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor : Heru Dwi Suryatmojo
(ANTARA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.