Mercinews


Wiranto: Muzakir Manaf Bisa Kena Sanksi Hukum karena Wacana Referendum Aceh

Wiranto (Rengga Sancaya/detikcom)

Jakarta, Meecinews.comMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, Ketua Partai Aceh Muzakir Manaf bisa dikenai sanksi hukum akibat memunculkan wacana referendum di Aceh. Menurut Wiranto, sanksi tersebut akan ditentukan setelah dilakukan proses hukum.

“Nanti tentu ada proses hukum untuk masalah ini. Saat hukum positif (soal referendum) sudah tidak ada dan tetap ditabrak, tentu ada sanksi hukumnya,” ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Baca juga:  Mualem optimis Partai Aceh meraih 33-35 kursi di DPRA

Menurut Wiranto, saat ini Muzakir sedang berada di luar negeri. Wiranto memastikan bahwa proses hukum akan dilakukan untuk menentukan apakah Muzakir melanggar hukum.

Sebelumnya, wacana mengenai referendum di Aceh digulirkan oleh Muzakir Manaf yang juga mantan Wakil Gubernur Aceh. Mantan panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu memunculkan istilah referendum terkait hasil pemilihan umum 2019.

Baca juga:  Jaringan Aneuk Syuhada Aceh: Referendum, Solusi yang Tepat untuk Aceh

Di sisi lain, Wiranto menyebut bahwa istilah referendum sudah tidak diatur lagi dalam sistem hukum di Indonesia. Menurut dia, wacana referendum di Aceh sudah tidak relevan karena tidak ada payung hukum yang mengatur tentang berlakunya referendum di Indonesia.

Sumber : KOMPAS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.