Fenomena

26 Desember Gerhana Matahari Total akan Terjadi di Aceh

ILUSTRASI/Foto: Thinkstock

Banda Aceh, Mercinews.com – Fenomena gerhana matahari total diprediksi terjadi pada 26 Desember mendatang. Pada hari yang sama, Aceh memperingati 15 tahun tsunami.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengaitkan gerhana matahari dengan kematian, musibah atau hal buruk lainnya, karena gerhana gerhana matahari merupakan fenomena alam untuk menegaskan keagungan dan kebesaran Allah,” kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh M Daud Pakeh kepada wartawan, Selasa (19/11/2019).

Daud mengimbau masyarakat saat gerhana terjadi agar memperbanyak istighfar, takbir, sedekah dan bentuk-bentuk ketaatan lainnya dalam rangka mengagungkan kebesaran Allah. Selain itu, warga juga diimbau melaksanakan salat sunah gerhana.

Baca juga:  Wapres Jusuf Kalla Akan Kunjungi Aceh, Ini Agendanya

“Konon lagi gerhana kali ini bertepatan dengan peringatan bencana tsunami 26 Desember,” jelas Daud.

Menurut Daud, Kanwil Kemenag Aceh akan memusatkan pengamatan gerhana matahari total di Kota Sinabang Kabupaten Simeulue, Aceh. Peralatan pemantauan gerhana bakal dibawa ke sana.

“Kanwil juga nanti akan menyiapkan 500 kacamata gerhana dengan filter khusus pengamatan matahari,” ungkapnya.

Baca juga:  Jual Makanan di siang Hari WH Amankan IRT dan Empat Pria di Lhokseumawe

Seperti diketahui, gerhana matahari total diprediksi menyapa dua kabupaten di Aceh pada 26 Desember mendatang. Kedua daerah tersebut yaitu Simeulue dan sebagian Aceh Singkil.

“Lokasi gerhana total di Indonesia hanya terlihat di tujuh provinsi. Khusus untuk Aceh, gerhana matahari menyapa dua daerah yaitu Simeulue dan sebagian Aceh Singkil,” kata Peneliti Falak pada tim Falakiyah Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, Kamis (19/11). [m/]

 

Comments