Mercinews


7 Bacaleg Tak Lulus Uji Baca Quran, KIP Aceh Barat Surati Partai Pengusung

Aceh Barat, Mercinews.com – Tujuh dari 336 bakal calon anggota legeslatif (Bacaleg) yang akan bertarung pada Pemilihan anggota Legeslatif (Pileg) 2019 mendatang dalam memperebutkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat dinyatakan gugur oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat.

Tujuh Bacaleg dari beberapa partai politik peserta Pemilu 2019 tersebut dinyatakan gugur setelah tidak lulus dalam seleksi uji kemampuan baca Al-Quran sebagaimana yang ditetapkan dalam Qanun Aceh nomor 3 Tahun 2008 tentang Pemilu.

Baca juga:  Tiyong Klaim PNA Peroleh 8 Kursi DPRA dan 50 Kursi DPRK

Ketua KIP Aceh Barat, Teuku Novina Nukman mengatakan, dengan tidak lulusnya tujuh Bacaleg yang maju dari beberapa partai itu maka lembaga lembaga tersebut telah menyurati partai-partai tersebut untuk menggantikan dengan bacaleg lainnya.

“Untuk Bacaleg yang tidak lulus uji kemampuan baca Al-Quran kita sudah surati partai masing-masing agar diganti dalam masa perbaikan. Mereka yang diganti akan ikut tes kemampuan uji baca Al-Quran dalam masa perbaikan,” kata Novian, kepada wartawan, Senin, (23/7).

Selain adanya caleg yang gugur dalam uji kemmampuan baca Al-Quran yang dilaksanakan pada tanggal 19Juli hingga 20 juli lalu, kata dia, ada juga caleg yang tidak ikut baca Al-quran sebanyak 18 orang.

Baca juga:  Datangi KPU, BPN Prabowo Pantau Server Hingga Tanya Dugaan Kecurangan

Meski demikian, kata dia, untuk 18 Bacaleg tersebut masih diberikan kesempatan untuk ikut uji kemampuan baca Al-Quran yang akan digabungkan sekaligus dengan Caleg pengganti pada masa perbaikan tersebut.

“Untuk masa perbaikan itu akan dilakukan hingga tanggal 31 Juli 2018 mendatang,” ujarnya.[]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.