Mercinews

Internasional

Ada Hutan Tumbuh di Tengah Lapangan Stadion Sepak Bola

Hutan dalam stadion di Austria - Ada Hutan Tumbuh di Tengah Lapangan Stadion Sepak Bola
Hutan dalam stadion di Austria (Gerhard Maurer/CNN)

Klagenfurt, Mercinews.com – Stadion sepak bola ini tidak ada kebisingan penonton dari tribunnya. Karena, lapangannya ditumbuhi pepohonan lebat. Eh, kok bisa begitu?

Dilansir CNN, Senin (9/9/2019), hutan itu adalah instalasi seni. Idenya sebagai upaya untuk menarik perhatian pada perubahan iklim dan deforestasi.

Adalah Stadion Worthersee di Klagenfurt yang telah diubah menjadi hutan. Itu merupakan proyek luar biasa dari seniman Swiss, Klaus Littmann.

Baca juga:  Pemerintah Austria Akan Tutup 7 Masjid dan Usir Sejumlah Imam

Lapangan itu terletak di dekat Danau Worthersee di selatan Austria, Carinthia. Saat ini sudah ada sekitar 300 pohon melapisi stadion.

Beberapa di antara pohon itu ada yang memiliki berat masing-masing hingga enam ton. Namanya ‘For Forest – The Unending Attraction of Nature’ diluncurkan pada 8 September 2019.

3d06b15f 1fe7 467c a6e5 97f9d667f8bc - Ada Hutan Tumbuh di Tengah Lapangan Stadion Sepak Bola

(Gerhard Maurer/CNN)

Instalasi ini terinspirasi oleh gambar seniman dan arsitek Austria Max Peintner lebih dari 30 tahun yang lalu. Pepohonan itu terdiri dari beragam spesies, seperti pohon alder, aspen, willow putih, hornbeam, maple dan ek.

Pohon-pohon itu ditanam di samping kursi penonton stadion. Menurut Littmann, tujuannya adalah untuk menantang persepsi tentang alam dan mempertanyakan masa depannya juga melambangkan gagasan bahwa alam suatu hari nanti hanya dapat ditemukan di ruang-ruang tertentu.

Dipantau oleh perusahaan Enea Landscape Architecture, hutan dalam stadion ini bebas dikunjungi. Instalasi ini akan dibuka untuk pengunjung setiap hari hingga akhir Oktober nanti.

Stadion Worthersee saat ini berfungsi sebagai rumah bagi tim Liga Kedua Austria Austria Klagenfurt. Kesebelasan itu akan memainkan pertandingan kandang mereka di Stadion Karawankenblick selama instalasi itu ada.

Setelah selesai, hutan itu akan ditanam kembali di fasilitas umum dekat stadion sebagai instalasi hutan hidup. Littmann terkenal dengan instalasi inovatifnya, salah satu yang terbaru adalah Jardin des Planetes di Basel, Swiss.

For Forest merupakan instalasi seni publik terbesar di Austria hingga saat ini. Pamerannya berlangsung dari 8 September hingga 27 Oktober. [m/]

Comments