Mercinews

Daerah

Akademisi: Tidak Ada Tempat Bagi Ustadz Abdul Somad di UGM

Ustaz Abdul Somad

Sleman, Mercinews.com Akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM) Bagas Pujilaksono Widyakanigara meminta Rektor UGM membatalkan rencana Ustaz Abdul Somad berbicara di Masjid UGM pada Sabtu, 12 Oktober 2019.

“Dia telah menistakan agama lain dalam ceramah-ceramahnya. Kedalaman ceramahnya terlalu naif bagi akademisi UGM,” demikian alasan Bagas dalam keterangan tertulis diterima Tagar, Rabu pagi, 9 Oktober 2019.

Bagas juga menunjukkan surat undangan yang di dalamnya berisi keterangan Ustaz Abdul Somad akan mengisi kuliah umum di Masjid UGM.

“Tidak ada tempat bagi Somad di UGM,” kata Bagas.

Somad bukan ahli iptek. Bicara iptek di UGM? Jelas akan menyesatkan banyak orang.

Baca juga:  Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad di Amsterdam Belanda Juga Dibatalkan

Bagas menjelaskan UGM adalah universitas besar dan tua, dengan kelahirannya dilatarbelakangi perjuangan fisik melawan kolonial Belanda. Jelas, UGM perpijak pada politik negara: Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

UGM adalah universitas kebangsaan yang harus jadi kebangaan bagi bangsa Indonesia. UGM bukan tempat mencerai-beraikan sendi-sendi kebhinekaan bangsa Indonesia hanya karena terbuai bujuk rayu angin surga politik identitas. Pijakan UGM jelas yaitu politik negara berdasar empat pilar kebangsaan.

UGM selalu dan akan selalu menjaga keberagaman Indonesia.

“Somad yang mengukuhkan dirinya sebagai ustaz mestinya menyampaikan pesan-pesan moral Islami yang sifatnya universal yaitu kemanusiaan, keadilan, kebebasan, dan moralitas dengan penuh rasa toleransi dan menjaga perasaan umat agama lain. Kebenaran mutlak urusan Tuhan bukan urusan manusia yang berlumur dosa,” tutur Bagas.

Baca juga:  Ustadz Abdul Somad akan isi Tabliq Akbar di Aceh Jaya

“Ceramah Somad beberapa waktu yang lalu sangat mengusik rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, bukan hanya bagi umat nasrani, namun juga bagi umat muslim, karena perilakunya yang tidak bisa membedakan antara kehidupan keagamaan dan kehidupan orang beragama dalam konteks kenegaraan,” lanjut Bagas.

Selain itu, kata Bagas, “Somad bukan ahli iptek. Bicara iptek di UGM? Jelas akan menyesatkan banyak orang. Tolak kehadiran Somad di UGM, [m/]

[tagar|melekpolitik]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.