Mercinews

Peristiwa

Angin Kencang dan Hujan Deras di Aceh Sejumlah Rumah Rusak Pohon Tumbang

[email protected] Foto: angin kencang dan hujan deras

Aceh, Mercinews.com – Angin kencang dan hujan deras yang melanda Kota Lhokseumawe menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan papan Baliho di Jalan Merdeka tepatnya depan Masjid Baiturrahman juga roboh.

Salah seorang warga, Deni mengatakan, papan baliho tersebut roboh saat angin kencang yang melanda kawasan kota itu pada pukul 19.30 WIB. Namun demikian dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

Angin puting juga melanda kawasan Kabupaten Pidie Jaya yang menyebabkan empat Rumah toko (Ruko) di Kecamatan Tringgadeng mengalami kerusakan pada bagian atap.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya M Nasir, Sabtu (22/6) menyebutkan, berdasarkan data sementara ada empat unit ruko yang terimbas musibah puting beliung antara lain milik Rusli (55), Taifur (45), Murad (46) dan H. Hasbi (60).

Selain ruko, di kecamatan yang sama angin puting beliung juga menerjang rumah milik Farhan
warga Gampong Mesjid Trienggadeng.

“Angin puting beliung terjadi sekitar 18.10 WIB. Namun tidak ada korban jiwa, hanya atap empat bangunan ruko diterjang angin,” ujarnya.

Angin puting beliung juga melanda kawasan Kabupaten Pidie
Camat Keumala Safrizal SSTP kepada wartawan, Sabtu (22/6) membenarkan musibah angin puting beliung telah menyebabkan pohon tumbang tertimpa rumah warga.

Baca juga:  Angin Kencang Robohkan Belasan Tiang Listrik di Aceh Besar

“Musibah angin puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 17.45 WIB menyebabkan satu unit rumah yang dihuni dua keluarga milik Bismi dan Harwati mengalami rusak parah,” ujarnya.

Selain rumah, balai desa juga terkena imbas akibat tertimpa pohon namun hanya rusak pada bagian atapnya saja.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, hanya bangunannya yang mengalami rusak parah,” katanya.

Angin kencang disertai hujan ringan Juga melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Bireuen pada Sabtu (22/6/2019) sekitar pukul 18.30 Wib mengakibatkan sejumlah rumah rusak dan pohon tumbang.

Kadis sosial Bireuen Drs.Murdani mengatakan sampai saat ini berdasarkan data sementara yang masuk akibat angin kencang yang melanda Kabupaten Bireuen mengakibatkan kerusakan rumah maupun pohon tumbang.

Dari kecamatan Pandrah berdasarkan data sementara yang masuk Terjadi kemacetan di jln Banda Aceh-Medan tepatnya di depan kompi Bate Glungku karena tumbang pohon kebadan jalan dan satu unit rumah milik Imran (34) rusak akibat tertimpa pohon dengan tanggungan 4 jiwa.

Dari Kecamatan Juli Kecelakaan (jatuh dari sepeda motor) di Juli Km 4 Seuneubok Gunci menima Salmiah (52) bersama cucunya Asyila Fadhana (3) akibat dihempas angin kencang serta terjadi kemacetan di juli km 7 tepatnya samping asrama TNI akibat pohon tumbang ke badan jalan.

Baca juga:  Diterjang Badai Sejumlah Rumah Rusak dan Tumbangkan Pohon di Aceh Barat

Dari Kecamatan Kota juang Dua Rak tempat Juala diterjang angin di rek kota Bireuen.Satu Unit Balai pengajian Darul Saddah rusak berat di Desa Glg. Gampong Cureh. Satu Bengkel las milik Asnawi (32) rusak bagian atap di Desa Cureh. Dua unit ruko rusak bagian kanopi milik Abdul Muti (34) di desa cureh

Dari Kecamatan Peudada satu unit rumah rusak bagian atapnya di Desa Blang Matang milik Marbawi Yunus dgn tanggungan 8 jiwa.

Dari Kecamatan Peusangan Tiang telkom tumbang menimpa kabel listrik di jalan Banda Aceh-Medan tepatnya di desa Pante Pisang hingga mengakibatkan percikan api.

Dari Kematan Kuala dua unit rumah rusak bagian atap dibawa angin di desa Cot Batee

Dari Kecamatan Jangka satu unit rumah rusak berat (RB) akibat pohon tumbang milik A.wahab ibrahim desa Pante paku. Dan unit ruko milik murdani rusak berat akibat tertimpa pohon kelapa yg tumbang di Desa Linggong.

“Ini masih data sementara. Jumlah berapa banyak rumah, toko/tempat usaha dan fasilitas lainnya yg rusak belum kita finalkan,”pungkas Murdani.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.