Mercinews

Peristiwa

Angin Kencang melanda Aceh Barat 28 Rumah Rusak

Angin Kencang melanda Aceh Barat 28 Rumah Rusak
Angin Kencang melanda Aceh Barat 28 Rumah Rusak/ Foto: modusaceh

Meulaboh, Mercinews.com – Akibat angin kencang yang melanda Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat menyebabkan 28 rumah rusak parah. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Peristiwa alam itu terjadi pada sore hari disertai hujan ringan, rumah yang rusak tersebar di dua desa kecamatan itu, yakni 12 rumah di Desa Sara Perlak dan 16 rumah di Desa Geudong. Selain rumah yang rusak, beberapa pohon ikut tumbang dan listrik di sana padam sementara waktu. Dalam video amatir yang direkam usai kejadian, atap rumah dibawa angin sekitar 10 meter dari rumah. Ada pula rumah yang tertimpa pohon pinang.

Baca juga:  Hujan Badai Landa Pulau Weh Sabang, Ribuan Wisatawan Terlantar

Madi, warga setempat mengatakan. Saat kejadian angin kencang tersebut membuat beberapa atap rumah warga copot, sehingga ada beberapa rumah masyarakat yang tidak bisa ditempati sementara waktu karena atap yang sudah terjatuh karena angin.

“Tadi sore terjadi angin kencang sekitar jam 16.30 WIB, banyak rumah warga yang atapnya terbang karena, ada sekitar 28 rumah yang terdampak akibat angin kencang yang baru terjadi,” kata Madi kepada MODUSACEH.CO, Minggu (18/8/2019).

Ia menerangkan, kerugian yang diperkirakan sementara waktu mungkin saja mencapai Rp 1 miliar lebih, warga yang rumahnya tidak bisa disinggahi sementara waktu akibat tak lagi memiliki atap, akan mengungsi ke rumah sanak saudaranya di desa itu.

Baca juga:  Angin kencang tumbangkan pohon di samping Rumah Sakit Meuraxa

“Banyak yang rusak parah, kalau kita perkirakan sekitar Rp 1 miliar kerugian karena angin kencang tadi, atap copot, tertimpa pohon, parah kejadian ini,” ujar Madi

Comments