Amerika

AS Kirim Pasukan Bantu Tentara India Perang dengan China

AS Kirim Pasukan Bantu Tentara India Perang dengan China

Mercinews.com – Amerika Serikat (AS) resmi mengonfirmasi akan mengirim pasukannya ke India. Sejumlah pasukan Angkatan Bersenjata AS bakal membantu tentara Angkatan Bersenjata India (BSS), dalam konflik dengan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), di perbatasan.

Adalah Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, yang memastikan pihaknya akan mengirim sejumlah pasukan ke India.

Di sisi lain, pasukan AS yang akan datang ke India adalah pasukan yang dipindahkan dari Jerman. Sebab di sisi lain, AS memang tengah melakukan dari Jerman, kota tempat Komando Angkatan Bersenjata AS untuk Eropa (EUCOM) bermarkas.

Baca juga:  AS Kirim Kapal Induk untuk Patroli di Laut China Selatan

Menurut Pompeo, keputusan mengirim pasukan ke India dianggap sebagai sebuah tantangan untuk menghadapi China. Sebab seperti yang diketahui, selain India AS adalah salah satu negara yang berseteru dengan Negeri Tirai Bambu.

Kemudian, Pompeo juga menyebut pemerintah AS sudah lebih dulu melakukan peninjauan strategis terkait ancaman yang akan dihadapi. Lalu, Pompeo juga memastikan alokasi sumber daya mulai dari intelejen, personel militer, divisi siber.

“Akan ada di tempat lain. Saya baru saja berbicara soal ancaman dari Partai Komunis China,” ucap Pompeo dikutip VIVA Militer Hindustan Times.

“Kami akan memastikan bahwa kami memiliki postur yang sesuai untuk melawan PLA. Kami pikir itu adalah tantangan waktu bagi kami. Dan kami akan memastikan, kami memiliki sumber daya untuk melakukannya di situ,” katanya.

Baca juga:  Bos al-Qaeda Yaman Berhadiah Rp136,6 M diduga Terbunuh

Selain mengirim pasukan ke India, Amerika juga berencana memindahkan sejumlah pasukan ke Polandia. Selain pasukan, kabarnya Amerika juga akan punya tempat penyimpanan gudang baru juga di Polandia.

“Keputusan yang dibuat Presiden dalam hubungan dengan Jerman adalah serangkaian keputusan kolektif, terkait bagaimana kami akan memposisikan sumber daya manusia kami di seluruh dunia,” ujar.

 

[]

Comments