Mercinews

Amerika

Baku Tembak Polisi-Kartel Narkoba di Meksiko, 14 Orang Tewas 4 Polisi

Baku tembak antara kepolisian Meksiko dan kartel narkoba di kota Villa Union, yang berlokasi tidak jauh dari perbatasan Meksiko dan Amerika Serikat (AS). Foto/Reuters

Mexico City, Mercinews.com – Baku tembak terjadi antara polisi Meksiko dengan kartel narkoba di Coahuila, Meksiko. Sebanyak 14 orang tewas, termasuk empat polisi.

Seperti dilansir AFP, baku tembak tersebut terjadi saat polisi mendeteksi adanya beberapa mobil yang diisi penumpang bersenjata pada Sabtu (30/11). Selain polisi tewas, ada tujuh orang bagian kartel juga tewas dan empat lainnya masih belum teridentifikasi.

“Beberapa orang, termasuk anak-anak juga hilang,” kata pemerintah setempat, Minggu (1/12/2019).

Dalam baku tembak tersebut, terdapat pula enam polisi yang terluka. Namun, mereka tidak mengalami luka serius dan sudah bisa kembali rumah.

Baca juga:  Vonis Mati Napi Pengendali Sabu Dianulir MA Jadi 20 Tahun Penjara, BNN Heran

Kendaraan yang diamankan dalam serangan adalah 12 truk. Beberapa di antaranya berisi senjata.

Serangan tersebut terjadi usai Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Abrador yang mempringatkan dia tidak akan memperbolehkan Amerika Serikat (AS) mengadakan operasi antinarkoba di negaranya.

Presiden Donald Trump sendiri sudah menggolongkan kartel narkoba sebagai organisasi teroris. Trump mengecam keras kartel narkoba Meksiko karena dianggap bertanggung jawab terhadap pembunuhan kepada sembilan wanita dan anak-anak dari komunitas AS-Meksiko pada 4 November lalu.

Serangan itu terjadi di area perbatasan antara negara bagian Sonora dan Chihuahua, yang marak dengan kartel narkoba dan bandit setempat. Tiga kendaraan yang ditumpangi para korban dipenuhi lubang bekas peluru dan hangus terbakar.

Baca juga:  Parah, Pasutri ini Paksa Anak ngemis Hasilnya Digunakan untuk Nyabu dan Main Judi

Para pelaku diyakini sebagai anggota kartel narkoba setempat. Menteri Keamanan Meksiko, Alfonso Durazo, menyebut para korban mungkin salah dikira sebagai target serangan atau terjebak dalam baku tembak antara kartel-kartel narkoba yang saling bermusuhan.[m/]

Comments