Aceh

Baru Pulang dari Jakarta, 8 Warga Aceh Besar Pilih Isolasi Mandiri di Kebun

Warga Aceh Besar isolasi mandiri di kebun selama 14 hari. Foto: For AJNN

Banda Aceh, Mercinews.com – Sebanyak delapan warga Aceh Besar yang baru kembali dari Jakarta melakukan isolasi mandiri ke kebun di kawasan Jalin, Kota Jantho, Aceh Besar. Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar, Muhajir membenarkan adanya delapan warga yang mengisolasi diri secara mandiri atas inisiatif mereka sendiri ke daerah Jalin.

“Iya benar, tapi mereka bukan diisolasi, tapi mengisolasi diri sendiri secara mandiri. Dan itu bukan di hutan, tapi di kebun mereka sendiri di daerah Jalin,” kata Muhajir saat dikonfirmasi Ajnn, Sabtu (4/4). Muhajir mengatakan, para pemuda itu bekerja bersama di Jakarta, dan mereka baru kembali ke Aceh pada Senin, 30 Maret 2020, lalu langsung mengisolasi diri.

Baca juga:  Bicara Perdamaian, Jusuf Kalla Bandingkan Situasi di Aceh dan Papua

“Karena mereka sudah lama bersama, dan dari pada isolasi sendiri-sendiri, akhirnya mereka sepakat untuk menginap di kebun selama 14 hari,” ujarnya. Muhajir menyampaikan, kedelapan warga itu tidak semuanya berasal dari daerah Jalin, tetapi juga ada dari desa lain seperti Kayee Leu, Krueng Raya dan Lam Teuba. Namun, mereka ini sudah kembali dan mengisolasi diri rumahnya.

“Mereka berasal dari beberapa desa di Aceh Besar, kebetulan ada satu orang warga Jalin, dan orang tuanya ada kebun di Jalin. Jadi waktu pulang mereka semua sepakat sesuai protokol kesehatan mengisolasi mandiri 14 hari,” tutur Muhajir. Kata Muhajir, lokasi tempat karantina sementara itu tidak jauh dari pemukiman warga.

Disana, mereka juga dijaga oleh keluarga masing-masing untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari selama proses itu secara bergantian. “Posisinya juga tidak jauh dari pemukiman warga. Dan mereka akan pulang sendiri nantinya setelah 14 hari,” tutup Muhajir.

Baca juga:  Wali Kota Bogor Bima Arya dinyatakan Positif Virus Corona 

[m/news]

Sumber: Ajnn.net