Mercinews

Internasional

Bentrokan dengan Tentara Israel di Jalur Gaza Lebih dari 50 Warga Palestina Terluka

Sebanyak 54 warga Palestina di Jalur Gaza terluka dalam bentrokan dengan tentara Israel di perbatasan timur daerah kantong itu. Foto/Istimewa

Gaza, Mercinews.com – Sebanyak 54 warga Palestina terluka akibat bentrokan mingguan pada Jumat waktu setempat dengan tentara Israel di Jalur Gaza. Hal itu dikatakan oleh juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf Qidra.

“Adapun pada pukul 19:00 (waktu setempat) hari ini, 54 warga Palestina di Jalur Gaza terluka dalam bentrokan dengan tentara Israel di perbatasan timur daerah kantong itu, 30 dari mereka terluka oleh peluru tajam,” kata Qidra, menambahkan bahwa seorang jurnalis juga terluka seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (31/8/2019).

Baca juga:  Gigi Hadid: Tragedi di Gaza adalah Soal Keserakahan

Jalur Gaza telah menjadi lokasi gelombang protes besar-besaran yang dikenal sebagai Great March of Return selama lebih dari setahun. Para pemrotes Palestina terus melakukan bentrokan reguler dengan pasukan Israel di perbatasan. Protes paling keras terjadi pada hari Jumat.

Selama beberapa dekade, Israel telah berkonflik dengan Palestina, yang telah mencari pengakuan diplomatik untuk negara merdeka mereka di wilayah Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, yang sebagian ditempati oleh Israel, dan Jalur Gaza. Israel telah menolak untuk mengakui Otoritas Palestina sebagai negara dan menentang resolusi PBB dalam proses tersebut.

Komunitas internasional telah berusaha menyelesaikan konflik melalui apa yang disebut solusi dua negara, yang menyiratkan pembentukan dua negara, Israel dan Palestina, di wilayah yang disengketakan.

Baca juga:  Menlu Akan Hadiri Pertemuan Soal Palestina di DK PBB

Pada tanggal 25 Juni, Penasihat Senior Gedung Putih Jared Kushner mempresentasikan bagian ekonomi dari “kesepakatan abad ini” usulan Amerika Serikat (AS), inisiatif utamanya adalah menginvestasikan uang di wilayah asing tempat Palestina berlindung. Bagian politik dari rencana perdamaian diharapkan akan dirilis dalam waktu dekat.

Comments