Dunia Islam

Berpeci ‘Alam Peudeung’ UAS Paparkan Kejayaan Islam Aceh

Jamaah subuh mendengarkan ceramah UAS. Foto: Shaivan, Kadiv Humas Masjid Oman Banda Aceh

Banda Aceh, Mercinews.com – Ustaz Abdul Somad (UAS) tampil memberikan ceramah subuh, di Masjid Al Makmur Oman, Banda Aceh, Sabtu (7/12/2019).

Diikuti seribuan jamaah beliau membeberkan peran penting Aceh dalam penyebaran Islam di Nusantara pada masa lalu.

UAS tampil memakai peci berlogo ‘Alam Peudeung’ atau bendera Aceh pada masa kesultanan. Dia didampingi oleh Fadhil Rahmi, sahabatnya yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia asal Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, UAS mengajak jamaah untuk terus membangkitkan kejayaan Islam di Aceh. “Aceh berperan penting bagi Islam. Ini tanah berkah,” katanya.

Aceh berperan dalam penyebaran Islam masa lalu ke seluruh Indonesia. Salah satu buktinya adalah masih ada peninggalan Alquran ditulis di pelepah kayu yang ditemukannya tersimpan di Fakfak, Papua Barat. Kata UAS, dalam dialog dengan pewaris Raja Fakfak saat berkunjung ke sana, disebutkan Alquran tersebut berasal dari Pasai.

Baca juga:  Aceh Komitmen Terhadap Pelaksanaan Undang-Undang Jasa Konstruksi

Pasai atau Samudera Pasai adalah kerajaan Islam yang berpusat di Aceh Utara. Diyakini sebagai salah satu kerajaan Islam pertama di Indonesia, berdiri awal abad ke-13, setelah keruntuhan dan berkurangnya pengaruh Kerajaaan Sriwijaya di Sumatera.

UAS di Masjid Oman, memakai peci Alam Peudeung. Foto: Shaivan, Kadiv Humas Masjid Oman

Menurut UAS, Aceh juga dikenal memproduksi pendakwah Islam yang ulung sejak lama. Aceh juga kaya, dibuktikan dengan banyak peninggalan alat perang seperti pedang dan rencong yang berlapis emas.

Baca juga:  Dyah Erti Idawati ajak masyarakat Aceh Giat Berzikir

Saat ini, aktivitas memajukan Islam terus berlangsung di Aceh. “Masjid Oman adalah salah satu yang mengadakan aktivitas (memajukan) Islam di Aceh, rutin menggelar ceramah,” katanya.

Dia juga mengajak jamaah untuk senantiasa meramaikan salat subuh berjamaah di masjid-masjid. “Bahkan salat sunat dua rakaat sebelum subuh, lebih baik dari dunia dan seisinya,” katanya mengutip salah satu hadist Rasulullah Muhammad SAW.

Kegiatan UAS di Aceh berlangsung selama 3 hari, 6-8 Desember 2019. Dia memberikan ceramah di sejumlah masjid di Banda Aceh dan Aceh Besar, bagian rangkaian safari dakwah. [m/]

Comments