Mercinews

Nasional

Bertemu di Mabes AD, KSAD-Kapolri Kenang Masa Tugas Usai Bom Bali

Jenderal Polisi Idham Azis dan Jenderal TNI Andika Perkasa (dok istimewa)

Jakarta, Mercinews.com – Kapolri Jenderal Idham Azis melakukan kunjungan ke Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabes AD). Kedatangan Idham disambut hangat oleh Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan jajarannya.

Idham awalnya bercerita tentang tujuan kedatangannya. Menurutnya, hal ini merupakan kelanjutan dari kunjungannya ke sejumlah institusi usai dirinya dilantik.

“Pertemuan kami untuk menindaklanjuti silahturahmi yang sudah saya laksanakan ketika hari Jumat (1/11), sehari setelah saya dilantik bersama Bapak Panglima TNI,” kata Idham di Mabes AD, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).

Idham menjelaskan, sebelum menemui Andika, dirinya lebih dulu berkunjung ke Mabes TNI AU dan bertemu Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Idham menjelaskan tujuan kunjungi ke para kepala staf TNI dalam rangka mempererat soliditas TNI-Polri.

“Tadi siang kami bersilahturahmi, menghadap senior kami, KSAU dan sekarang kami menghadap senior kami Bapak KSAD. Tujuannya adalah untuk mempererat soliditas TNI-Polri yang selama ini sudah terbangun dengan baik. Sekarang kita mantapkan dan ke depan akan jauh lebih baik lagi,” ujar Idham.

Baca juga:  Kapolri imbau jangan ada mobilisasi massa sikapi Pemilu 2019

Idham menuturkan inti dari pembicaraannya dengan Andika adalah strategi dan upaya untuk menjaga semangat sinergi antara TNI dan Polri. Idham juga berharap semangat sinergi dapat tertanam di jiwa para personel Polri dan prajurit TNI.

“Sudah banyak hal yang kami diskusikan kepada beliau. Prinsipnya sinergitas harus terus kami tumbuh kembangkan sehingga mengkristal di sanubari, hati masing-masing prajurit dan anggota bhayangkara, yang kita mulai dari tingkat bawah sampai atas,” tutur Idham.

Andika kemudian menceritakan tentang Idham yang disebutnya bukan sosok baru bagi dirinya. Andika mengenang kebersamaannya dengan Idham sekitar 2002 sampai 2003.

“Kapolri bukan orang baru, karena antara tahun 2002-2003, setelah rangkaian Bom Bali itu, kami sudah ketemu beberapa kali di lapangan. Jadi beliau sosok yang tidak asing dan AD mempunyai hubungan yang sangat bagus dengan Polri sejak saya masuk sini,” ucap Andika.

Baca juga:  Jokowi Resmi Lantik Komjen Idham Azis Jadi Kapolri

Dia mengatakan hubungannya dengan Idham sangat baik. Dia yakin hubungan antara Polri dan TNI AD tetap dan semakin baik di bawah kepemimpinan Idham sebagai Kapolri.

“Hubungan kami sangat baik sejak (jabatan Kapolri diisi) Mas Tito (Jenderal Purnawirawan Tito Karnavian). Dan saya yakin di bawah Mas Idham pun kami bahkan akan lebih bagus karena kami memang mempunyai ikatan emosional,” imbuh Andika.

Dalam kunjungan kali ini, Idham didampingi sejumlah pejabat utama Polri diantaranya Asops Kapolri Irjen Martuani Sormin, Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal, Kadiv Propam Polri Irjen Listyo Sigit, Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran, dan Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Nico Afinta.[s/]

 

Sumber: detikcom

Comments