Mercinews

Nasional

Bertemu Haji Uma, Peneliti Hungaria Bahas Terkait Aceh 

Mercinews.com – Anggota DPD/MPR RI asal Aceh, H. Sudirman alias Haji Uma bertemu dan berdialog tentang Aceh dengan seorang peneliti berkebangsaan Hungaria, Andras Polgar di Budapest Hungaria, Minggu (11/8/2019).

Haji Uma sendiri berada di Hungaria dalam rangka pelaksanaan tugas MPR RI dalam lingkup sebagai salah satu anggota Badan Pengkajian MPR RI yang melakukan rapat kerja dengan lembaga parlemen dan Pemerintah Hungaria.

Disela agenda kerjanya bersama delegasi Badan Pengkajian MPR RI di Hungaria itulah, Andras Polgar, secara khusus menjumpai Haji Uma untuk berdialog terkait Aceh.

Andras Polgar sendiri adalah seorang peneliti internasional dan wartawan fotografi Hungaria yang menggunakan dokumentasi fotografi dan multimedia sebagai alat untuk menyampaikan cerita positif tentang objek hasil penelitiannya. Sejumlah hasil penelitian dan fotografinya telah difestivalkan dalam eksebisi diberbagai negara.

Sejak 2017, Andras Polgar menjadi seorang mualaf dengan memeluk islam dan menikahi seorang perempuan Minangkabau, Sumatera Barat yang juga ikut mendampinginya saat bertemu Haji Uma. Tak heran, jika dirinya secara emosional memiliki kedekatan dengan Indonesia.

Baca juga:  Setelah Anak Janda Alue Awe yang Hilang di Malaysia Ditemukan, Ini yang Dilakukan Haji Uma

Kepada Haji Uma, Andras Polgar mengaku telah lama mendengar tentang Aceh dan tertarik untuk berkunjung dan berencana melakukan penelitian tentang Aceh nantinya. Karena itu, rencananya ia akan berkunjung ke Aceh pada Desember 2019 yang bertepatan dengan seremoni peringatan tsunami di Aceh.

“Beliau secara khusus menjumpai saya untuk berbagi cerita tentang Aceh karena telah lama tertarik tentang Aceh, terutama sejarah dan budaya kita hingga ingin melakukan penelitan, khususnya terkait kemajuan pembangunan Aceh paska tsunami. Namun belum mendapat koneksi yang dapat membantu mewujudkan harapannya ke Aceh”, ujar Haji Uma.

Menurut Haji Uma, berdasarkan hasil presentasi Andras Polgar atas sejumlah proyek penelitian dan eksebisi fotografinya, ketertarikannya untuk melakukan penelitian di Aceh patut didukung. Karena akan dapat mempromosikan Aceh dilevel internasional, terutama untuk menarik peluang minat investasi dan pariwisata publik internasional terhadap Aceh.

“Jadi tujuan penelitiannya untuk mengangkat aspek sejarah dan sosial budaya Aceh, terutama terkait kemajuan pembangunan paska tsunami di Aceh. Hal ini tentu dapat mendukung upaya promosi Aceh kepada masyarakat internasional. Dari itu diharapkan dapat menjadi magnet investasi dan kunjungan wisata ke Aceh nantinya”, harap Haji Uma.

Baca juga:  Hasil suara sementara Haji Uma menang Telak di Lhokseumawe

Karena itu, Haji Uma berkomitmen membantu dan memfasilitasi kunjungannya ke Aceh nanti. Selain itu, Haji Uma berharap agar Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh agar dapat memberi dukungan kerjasama nantinya.

Hal ini juga harapan Andras Polgar, karena tujuan penelitiannya juga dalam upaya mempromosikan Aceh.

Pada pertemuan dengan Andras Polgar tersebut, Haji Uma sendiri mennyampaikan berbagai hal terkait Aceh, terutama tentang sejarah, budaya dan sosial masyarakat Aceh, serta kemajuan kondisi Aceh paska mega bencana tsumai yang melanda Aceh pada tahun 2004 yang lalu.

 

 

Comments