Mercinews

Nasional

Besok, Mahasiswa Tolak RUU KUHP-UU KPK Baru Bakal Gelar Aksi Yang Lebih Besar

Foto: Arus lalu lintas di Tol Dalam Kota depan DPR normal kembali (Matous Alfons)

Jakarta, Mercinews.com – Massa mahasiswa dari berbagai universitas bakal menggelar aksi lebih besar lagi esok hari. Ketua BEM UI Manik Marganamahendra memperkirakan massa berjumlah belasan ribu.

“Kami layangkan mosi tidak percaya kepada mereka. Kami akan menurunkan massa yang jauh lebih besar lagi pada 24 (September),” kata Manik seusai audiensi dengan anggota DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).

“Belasan ribu, karena ada mahasiswa dan aliansi petani dan masyarakat pasti akan turun juga karena berhubungan dengan Hari Tani,” imbuh dia.

Baca juga:  NasDem dan PKB Dorong PDIP Tunjuk Puan Maharani Jadi Ketua DPR

Ia menyatakan mahasiswa telah membuat gerakan ‘mengosongkan kelas’ pada 24 September 2019. Manik mengatakan perkuliahan akan digelar di depan gedung DPR.

“Kami propagandakan untuk mengosongkan kelas pada tanggal 24 (September), bahwa kuliah kami pindah ke depan DPR Senayan. Saya yakin juga teman-teman di daerah lainnya juga melakukan hal yang sama,” kata Manik. seperti dilansir detikcom

Diwawancarai terpisah, Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas mengatakan bakal memperhatikan tuntutan mahasiswa. Soal mosi tidak percaya yang dilayangkan mahasiswa, Supratman menyatakan istilah tersebut tak dikenal dalam sistem ketatanegaraan RI.

“Soal mosi tak percaya tak dikenal dalam sistem ketatanegaraan kita. Jadi nggak apa-apa. Itu sifat emosional… tapi mengerti apa yang jadi tuntutan teman-teman mahasiswa. Itu jadi kewajiban anggota DPR seluruhnya untuk senantiasa perjuangkan apa yang jadi harapan mereka dan harapan rakyat,” kata Supratman. [m/]

Baca juga:  Massa Bakar Bus dan Jeep Milik TNI di parkir Lapangan Tembak Senayan

 

Comments
To Top