Mercinews

Nasional

Besok Mualem akan Bertemu, Wiranto Tidak Bicarakan Soal Referendum

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto dan mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang juga Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA), Muzakir Manaf (Istimwa)

Jakarta, Mercinews.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, dirinya akan bertemu dengan mantan panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakir Manaf alias Mualem esok pada Selasa (18/6/2019).

Wiranto menjelaskan pertemuannya itu tidak akan mempersoalkan masalah referendum di Aceh oleh Mualem.

“Enggak, referendum sudah selesai. Sudah terselesaikan. Dia sudah minta maaf, sudah mencabut pernyataan yang lalu. saya kira selesai,” ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Senin (17/6/2019).

Baca juga:  Pemanggilan Mualem oleh HAM upaya kriminalisasi terhadap tokoh mantan GAM

Wiranto mengakui seharusnya hari ini ia bertemun dengan Mualem, namun karena kendala transportasi rencana tersebut ditunda esok hari.

Lebih lanjut, Jenderal Purnawriawan TNI ini menjelaskan pertemuannya besok hanya akan membahas persoalan masyarakat Aceh secara umum.

“Mungkin juga kita melakukan komunikasi untuk mengomunikasikan hal-hal yang menyangkut sebagaimana partispasi masyarakat Aceh dalam pembangunan nasional,” tambahnya.

Muzakir Manaf merupakan mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka atau GAM. Saat ini ia menjadi Ketua Umum Komite Peralihan Aceh (KPA) dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh (PA). Ia juga pernah menjabat wakil Gubernur Aceh.

Baca juga:  Bertemu JK, Mualem: Komnas HAM Tak Paham Isi-isi Perjanjian MoU Helsinki

Mualem sempat menyerukan referendum dalam sambutannya pada Peringatan 9 Tahun Wafatnya Wali Neugara Aceh, Paduka Yang Mulia Tgk. Muhammad Hasan Ditiro dan buka bersama di salah satu Gedung Amel Banda Aceh, Senin (27/5) yang lalu.

Namun, dia menarik kembali ucapannya yang sempat dilontarkannya dalam Haul Hasan Ditiro beberapa waktu lalu itu hanya spontanitas.

 

Comments
To Top