Mercinews

Nasional

Besok Siang, Ismail Ibrahim Yang Menderita lumpuh Akan Pulang ke Aceh Timur

(Foto: Saifullah/ BPPA).

Jakarta, Mercinews.com – Badang Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), memfasilitasi Pemerintah Kabupaten Aceh Timur untuk bertemu dengan salah satu warganya, Ismail Ibrahim (46) tahun yang tiba-tiba menderita lumpuh pada awal tahun 2019 lalu.

Lelaki tersebut adalah warga Desa Tanoh Anou, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur. Saat ini Ismail menetap di rumah mertuanya di RT 14 RW 7, Kelurahan Pademangan Barat, Kec. Pademangan, Jakarta Utara.

Kepala BPPA, Almuniza Kamal, S.STP, M.Si mengaku sudah mendengar kabar tersebut yang tersebar di jejaringan sosial WhatsApp. Karenanya, Almuniza segera mengirim Kepala Sub Bidang Pelayanan Masyarakat untuk menanganinya.

“Namun, setelah kita cek ke lokasi, kakak kandung Ismail, Kamaliah mengatakan bahwa adiknya tersebut nantinya akan dijemput oleh Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur. Padahal, rencananya Ismail akan kita bawa pulang,” jelas Almuniza, Rabu 27 Agustus 2019.

Ditemui kemarin, Selasa, 27 Agustus 2019, Ismail mengaku ditinggal istrinya saat dia mulai menderita lumpuh. Dengan keadaan seadanya, dia mengurus sendiri anaknya sambil menjual batu cincin demi menghidupi tiga anaknya tersebut.

Baca juga:  Terlalu Sibuk Bahas Politik, Publik Aceh Lupa Pikirkan Soal Ekonomi

Sebab seperti pengakuannya sendiri, bahkan mertua Ismail enggan menolong dirinya bahkan cucunya itu.

“Hana dipeuduli le keu lon le inong kueh. Watei Saket jih ditinggainlon sidroe. Dan mertua lon pih Hana geuperemen cit. Aneuk lon meureh-reh. (Istri saya tidak lagi peduli sama saya, begitu juga dengan mertua saya. Anak-anak saya terlantar,” ujarnya kemarin.

Olehnya, Ismail berharap segera dipulangkan ke kampung halamannya sesegera mungkin. Sebab di rantau Ismail tidak memiliki seorang kerabat pun.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur, Ir. Elfiandi Sp.1 melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Rahmad Hidayat mengatakan sesuai dengan perintah bupati Aceh Timur, Ismail Ibrahim beserta anaknya secepatnya dipulangkan ke Aceh Timur.

“Setelah mendapatkan info dari kakak kandung Ismail Ibrahim, Kamaliah, Bupati Aceh Timur langsung merespon permintaan pemulangan Ismail. Dan Insya Allah, besok, Kamis, 29 Agustus akan segera diterbangkan menggunakan peswat Lion,” ujarnya.

Baca juga:  BPPA Akan Salurkan Peserta Magang dari Aceh ke Perusahaan di Jabodetak

Rahmad Hidayat menambahkan, setiba di lokasi penjemputan di Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, ada kesepatakan antara keluargan Ismail di Jakarta dengan pihak keluarga sebelah ibu terkait siapa saja yang akan dibawa pulang.

“Maka dalam kesepakatan itu akhirnya diputuskan hanya membawa pulang dua orang anak yakni Mukhlis Ilfad (12), dan Adnan Soleh (9). Sedangkan Irma Mulyani (5) akan tinggal bersama neneknya, disaksikan oleh seluruh pihak keluarga dari pihak istri Ismail,” ujarnya.

Saat ini, Ismail beserta dua anaknya terlebih dulu ditampung di Rumah Singgah BPPA untuk kemudian dibawa pulang besok ke Aceh menggunakan pesawat Lion, besok siang, 28 Agustus 2019.

Keterangan Foto: Ismail (tengah) diapit oleh warga Pademangan, Nazar (kiri) tempatnya menumpang selama ini bersama Ns. Azhar (kanan) perwakilan BPPA, Rabu, 28 Agustus 2019 untuk dibawa ke Rumah Singgah BPPA dan selanjutnya, besok Kamis, 29 Agustus 2019 akan dibawa pulang ke Aceh. (Foto: Saifullah/ BPPA).

To Top