Biden umumkan proposal baru gencatan senjata permanen, Israel dan Hamas di Gaza

Sabtu, 1 Juni 2024 - 03:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Presiden AS Joe Biden, Foto: Jonah Elkowitz/Shutterstock.com

Presiden AS Joe Biden, Foto: Jonah Elkowitz/Shutterstock.com

Mercinews.com – Presiden AS Joe Biden pada  jumat (31/5) dini hari, mengeluarkan pernyataan yang tidak terduga mengenai situasi di Timur Tengah.

Dia mengumumkan bahwa Israel telah memberi Qatar rencana baru untuk mencapai gencatan senjata permanen di Gaza dan pembebasan semua sandera.

Biden menyebutkan poin-poin utama dari rencana ini, mengatakan bahwa Hamas wajib menerimanya, dan Israel berkewajiban untuk “menunjukkan fleksibilitas” untuk mencapai penandatanganan perjanjian tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sudah waktunya untuk mengakhiri perang ini,” tutup Biden.

Menurut Presiden AS, rencana yang diusulkan Israel mencakup gencatan senjata total, penarikan pasukan dari seluruh wilayah berpenduduk di Jalur Gaza dan pemulangan warga Palestina ke rumah mereka

Pada tahap pertama, yang akan berlangsung selama 36 hari dan termasuk pembebasan. dari semua sandera sipil dengan imbalan “ratusan” tahanan Palestina.

Pada tahap ini, Israel telah berkomitmen untuk mengizinkan 600 truk bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza, dan gencatan senjata akan memungkinkan bantuan ini didistribusikan dengan aman kepada masyarakat, tegas Biden, seperti dilansir news.israelinfo.

Pada tahap pertama, bersamaan dengan pertukaran sandera, negosiasi harus dimulai mengenai penghentian permanen permusuhan di Gaza.

Biden menekankan bahwa jika kedua pihak tidak setuju untuk melanjutkan ke tahap kedua dalam 36 hari, gencatan senjata akan terus berlanjut dan berlangsung selama diperlukan untuk mencapai kesepakatan.

Dengan demikian, penghentian permusuhan secara permanen secara de facto harus dimulai bersamaan dengan dimulainya pembebasan para sandera – tidak peduli berapa lama negosiasi mengenai penarikan penuh pasukan dan pertukaran tahanan berlarut-larut, Israel berjanji untuk tidak melanjutkan permusuhan.

Baca Juga:  Houthi Yaman Tembak jatuh drone MQ9 Reaper Amerika dengan rudal di Marib

Pada tahap kedua, menurut Presiden AS, Israel akan menarik pasukan dari Jalur Gaza, dan semua sandera yang masih hidup, yaitu tentara yang ditangkap, akan dibebaskan.

Perjanjian semacam itu adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan para sandera, tegas Biden.

Dia mengatakan bahwa “saat yang menentukan telah tiba,” Amerika Serikat akan bertindak sebagai penjamin pemenuhan kewajiban para pihak, dan Hamas wajib menerimanya.

Presiden AS mengatakan bahwa rencana yang diusulkan tersebut mengakhiri penderitaan warga Israel dan Palestina, menjamin keamanan Israel, dan membuka jalan bagi peraturan regional dan masa depan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Timur Tengah.

Ia menyerukan kepada seluruh warga Israel untuk mendukung perjanjian tersebut dan meyakinkan bahwa perjanjian tersebut tidak akan menempatkan kita dalam bahaya;

Hamas telah dikalahkan dan tidak mampu mengulangi serangan serupa yang terjadi pada tanggal 7 Oktober.

Dan penghentian permusuhan dan kembalinya sandera akan memungkinkan berakhirnya perang di utara – menurut Biden, sebuah perjanjian akan menjadi mungkin yang akan mengembalikan keamanan kepada penduduk wilayah utara Israel.

Baca Juga:  NATO izinkan Ukraina menggunakan senjata Barat untuk menyerang wilayah Rusia

Sehari sebelumnya, Hamas mengumumkan bahwa mereka menolak tawaran Israel dan tidak akan melepaskan sandera sampai perang berakhir.

Pidato Presiden AS tersebut benar-benar mengejutkan pihak Israel; Biden tidak menjelaskan siapa sebenarnya yang mengusulkan rencana tersebut, yang tampaknya tidak dapat diterima oleh Netanyahu dan kelompok sayap kanan di pemerintahannya.

Presiden AS menyebutkan hal ini dalam pidatonya. “Saya tahu bahwa ada orang-orang di Israel yang tidak setuju dengan rencana ini dan akan menuntut untuk melanjutkan perang, bahkan ada orang-orang seperti itu dalam koalisi yang berkuasa – mereka mengumumkan bahwa mereka ingin merebut Gaza dan melanjutkan perang selama bertahun-tahun, para sandera bukanlah prioritas bagi mereka.”

“Saya merekomendasikan agar pemerintah mendukung perjanjian ini, meskipun ada tekanan. Peluang ini tidak boleh dilewatkan,” kata Biden.

“Melanjutkan perang sampai kemenangan penuh tidak akan mengembalikan para sandera, tidak akan membawa keamanan jangka panjang, namun akan membawa Israel pada isolasi internasional,” dia memperingatkan.

Netanyahu membenarkan bahwa rencana yang diumumkan Biden disampaikan oleh perunding Israel ke Qatar dengan persetujuan perdana menteri.

Tsachi Hanegbi

Sebelumnya diberitakan Perang Israel dengan Gaza akan berlangsung hingga awal tahun 2025, kata Penasihat Keamanan Nasional Netanyahu Tsachi Hanegbi

Pihak berwenang Israel, yang berjanji akan segera menangani Hamas setelah dimulainya operasi darat di Jalur Gaza pada akhir Oktober 2023, kini mengatakan bahwa pertempuran mungkin akan berlarut-larut selama masih berlangsung.

Baca Juga:  Ini 7 Lagu Tiara Andini yang Bertema Kasmaran

Menurut Tzachi Hanegbi, ketua Dewan Keamanan Nasional Israel, kemungkinan besar perang di Gaza akan berlanjut setidaknya tujuh bulan ke depan. Hal itu diungkapkannya di saluran TV Israel i24NEWS.

Hanegbi mencatat bahwa pasukan Israel sudah menguasai 75% dari apa yang disebut Koridor Philadelphia, sebidang tanah sempit sepanjang 14 km di sepanjang perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir.

Militer Israel berencana segera mengambil kendali penuh atas seluruh Koridor Philadelphia guna memutus jalur pasokan senjata Hamas.

Hanegbi menekankan, langkah ini merupakan bagian penting dari strategi menekan kemampuan tempur Hamas dan membangun keamanan di kawasan.

Perang di Gaza telah berlangsung selama delapan bulan, dan jika perkiraan Hanegbi menjadi kenyataan, pertempuran tersebut dapat berlanjut hingga akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025.

“Hal ini dapat menunda perang darat Israel dengan Hizbullah (lagi), yang baru-baru ini ditunda dari bulan Juni hingga September. Jika hal ini terjadi dan Hizbullah mengetahui bahwa sumber daya Israel tetap berada di Jalur Gaza tanpa batas waktu, mereka dapat mengambil inisiatif sendiri,” kata politisi tersebut.

Sejak itu, Israel telah membunuh sedikitnya 36.170 warga Palestina, sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak, dan melukai lebih dari 81.400 lainnya, menurut otoritas kesehatan setempat.
(mc)

Sumber Berita : news.Israelinfo

Berita Terkait

Ukraina dan Jepang menandatangani perjanjian jaminan keamanan bilateral
Pengadilan Kota Balashikha menerima kasus suap terbesar dalam sejarah Rusia
Erdogan: penolakan Israel untuk menyerukan gencatan senjata di Gaza “merusak”
Erdogan Sebut pengakuan Spanyol terhadap Palestina langkah penting menuju perdamaian
Seimas Lituania menyetujui wajib militer untuk dinas militer sepulang sekolah
Trump dapat membatalkan perjanjian keamanan yang akan ditandatangani Biden dan Zelensky
Kebakaran hebat terjadi di gudang kilang minyak di Erbil Irak
Thailand telah umumkan keinginannya untuk menjadi anggota BRICS
Berita ini 21 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 00:46 WIB

Ukraina dan Jepang menandatangani perjanjian jaminan keamanan bilateral

Kamis, 13 Juni 2024 - 23:57 WIB

Pengadilan Kota Balashikha menerima kasus suap terbesar dalam sejarah Rusia

Kamis, 13 Juni 2024 - 22:56 WIB

Erdogan Sebut pengakuan Spanyol terhadap Palestina langkah penting menuju perdamaian

Kamis, 13 Juni 2024 - 22:41 WIB

Seimas Lituania menyetujui wajib militer untuk dinas militer sepulang sekolah

Kamis, 13 Juni 2024 - 22:19 WIB

Trump dapat membatalkan perjanjian keamanan yang akan ditandatangani Biden dan Zelensky

Kamis, 13 Juni 2024 - 13:49 WIB

Kebakaran hebat terjadi di gudang kilang minyak di Erbil Irak

Kamis, 13 Juni 2024 - 02:33 WIB

Thailand telah umumkan keinginannya untuk menjadi anggota BRICS

Kamis, 13 Juni 2024 - 01:55 WIB

Militer Rusia Serang area parkir pesawat Angkatan Bersenjata Ukraina

Berita Terbaru