Hukum

BNN Sumatera Utara Gagalkan Penyelundupan 28 Kg Sabu dari Aceh

Dua pelaku yang membawa sabu 28 Kg saat diamankan di Kantor BNNP Sumut. (Foto: Istimewa)

Medan, Mercinews.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara (Sumut) gagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu di Kota Binjai. Dalam pengungkapan kasus ini, sebanyak 28 paket sabu masing-masing seberat 1 Kg diamankan petugas.

Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Atrial mengatakan, modus pelaku dengan memodifikasi tangki bensin dan kotak kunci perkakas untuk menyimpan narkoba serta mengelabui petugas. Identitas kedua pelaku yakni Abadi Samad (45) dan Marzuki Ahmad (49) koordinator transporter.

Baca juga:  DPR Aceh Desak Pemerintah Beri Jatah Hidup untuk Rakyat

Dalam operasi ini, awalnya petugas memberhentikan truk berpelat nomor BM 8108 SD saat melintas di Jalan Medan-Aceh pada Minggu (23/2/2020). Namun hasil penggeledahan awal tidak ditemukan barang bukti.

Tak ingin kecolongan, truk dibawa ke kantor BNNP Sumut untuk kembali diperiksa dengan melibatkan anjing pelacak.

Benar saja, anjing pelacak mengendus ada narkoba dalam tangki BBM dan saat diberiksa ditemukan 14 bungkusan sabu. Selain itu juga kembali didapati 14 paket dalam kotak perkakas truk.

Baca juga:  Dyah Antar Bantuan Alat Kesehatan untuk Rumah Sakit Yuliddin Awai Aceh Selatan

“Kami juga pakai X-ray untuk mencari barang bukti lain yang mungkin saja disimpan di ban, tapi tidak ditemukan,” ujar Atrial, Selasa (25/2/2020).

Total sabu yang disita yakni seberat 28 kg. Sabu ini berasal dari Aceh dan rencananya akan dibawa ke Jakarta.

“Kami masih mengembangkan pengungkapan kasus ini. Satu pelaku warga Aceh berinisial R yang berperan sebagai pengendali masih kami kejar,” kata Atrial.

[m/]

Sumber: inews.id

Comments