Mercinews

Olahraga

Brasil Menang 2-0 atas Argentina Berkat gol Gabriel Jesus dan Roberto Firmino

Brasil ke final Copa America 2019. (Foto: Pilar Olivares/REUTERS)

Jakarta, Mercinews.com – Brasil sukses melangkah ke final Copa America 2019. Tuan rumah menang 2-0 atas Argentina berkat gol Gabriel Jesus dan Roberto Firmino.

Pertandingan semifinal di Estadio Mineirao, Rabu (3/7/2019) pagi WIB berjalan terbuka dan menarik. Namun Brasil lebih mampu memaksimalkan peluang-peluang mereka.

Jesus membawa tuan rumah unggul di menit ke-19 yang bertahan hingga babak pertama. Firmino lantas menggandakannya di menit ke-71.

Dengan penguasaan bola 50-50, Brasil tercatat punya empat tembakan dengan tiga yang on target. Sementara Argentina punya 14 percobaan, di mana dua mengarah ke gawang dan dua lainnya membentur mistar/tiang.

Brasil pun lolos ke final dan tinggal menunggu pemenang antara Chile vs Peru. Argentina selanjutnya akan menghadapi laga perebutan posisi tiga dengan tim yang kalah dari laga tersebut.

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit laga berjalan, Brasil sudah mendapatkan peluang. Roberto Firmino mendapatkan bola di kotak penalti Argentina dan melepaskan tembakan dalam posisi tak terkawal. Bola ditepis, tapi belakangan wasit juga meniup peluit tanda offside.

Argentina merespons lewat tendangan jarak jauh Leandro Paredes di menit ke-12. Percobaannya masih tipis saja di atas gawang Brasil.

Brasil memetik keunggulan di menit ke-19. Firmino mendapatkan bola di sisi kanan dan meneruskannya dengan umpan silang mendatar. Gabriel Jesus tak terkawal di tengah kotak penalti dan dengan mudah mencocor bola ke dalam gawang.

Baca juga:  Kalahkan Nigeria, Argentina Lolos ke Babak 16 Besar

Nyaris Argentina! Dari tendangan bebas, Lionel Messi melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalti yang ditanduk Sergio Aguero pada menit ke-30. Bola gagal ditepis Alisson Becker, tapi membentur mistar gawang dan kembali ke arena permainan.

Argentina kembali melancarkan tekanan, diawali Messi. Tusukannya dilanjutkan dengan umpan ke Aguero. Aguero melepaskan percobaan dan diblok oleh Thiago Silva.

Pertandingan semakin intens menuju akhir babak pertama. Tak ada lagi gol tercipta sampai peluit tanda berakhirnya separuh pertandingan dibunyikan. Brasil 1-0 Argentina.

Argentina memulai babak kedua dengan positif. Lautaro Martinez punya kans di tengah kotak penalti pada menit ke-50, hanya saja sepakannya menyambut umpan silang masih mudah untuk diamankan Alisson.

Dua menit kemudian, sodoran Messi diterima Rodrigo De Paul yang berdiri cukup bebas. Tendangan kerasnya masih melambung.

Brasil merespons di menit ke-56. Jesus melakukan rolet di depan kotak penalti untuk lolos dari penjagaan dan menyodorkan umpan ke Coutinho. Coutinho coba mencungkil bola melewati kiper dan melambung terlalu tinggi.

Hampir saja Argentina menyamakan kedudukan di menit ke-57. Sepakan voli Messi menyambut bola liar cuma menghantam tiang gawang. Bola pada prosesnya kembali ke kakinya dan diteruskan dengan umpan silang ke depan gawang, tapi Aguero tak bisa membelokkannya untuk jadi gol.

Baca juga:  Prediksi Brazil Vs Swiss Yang Akan Main Sebentar lagi

Argentina mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti pada menit ke-65. Messi maju sebagai eksekutor dan mengarahkan tendangan ke pojok kiri atas gawang. Alisson mengantisipasinya dengan baik dan menangkap bola.

Terus menyerang, Argentina kecolongan di menit ke-71. Dari serangan balik, Jesus melewati satu pemain dan menusuk ke sisi kiri lalu mengoper ke Firmino yang terbebas di dalam kotak penalti. Firmino dengan mudah mencocor bola ke dalam gawang.

Argentina mencoba meningatkan daya dobrak di sisa waktu pertandingan, termasuk memasukkan Paulo Dybala. Tapi Brasil meredam mereka dengan baik dan skor 2-0 pun tak berubah sampai peluit panjang dibunyikan.

Baca juga: Babak I: Brasil 1-0 Argentina

Susunan pemain:

Brasil: Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Arthur, Casemiro; Gabriel Jesus (Allan 80′), Philippe Coutinho, Everton (Willian 46′); Roberto Firmino

Argentina: Franco Armani; Juan Foyth, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico (Paulo Dybala 85′); Rodrigo de Paul (Giovani Lo Celso (71′), Leandro Paredes, Marcos Acuna (Angel Di Maria 59′); Lionel Messi, Lautaro Martinez, Sergio Aguero

Sumber: detikcom

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.