Mercinews

Daerah

Brimob Tewas Dikeroyok Warga di Yahukimo Papua

Ilustrasi/ foto

Jayapura. Mercinews.com – Anggota Brimob Polda Riau BKO Polres Yahukimo, Brigpol Hendra Saut Sibarani tewas akibat dikeroyok sekelompok warga di Yahukimo, Papua, Rabu (18/12/2019) sekitar pukul 11.23 WIT.

Diperoleh informasi, pengeroyokan itu bermula saat anggota Brimob yang bertugas melaksanakan piket penjagaan di Mapolres Yahukimo sedang menyelesaikan masalah kesalahpahaman antara Camat Distrik Lolat dengan masyarakat Lolat (pak guru).

Sekitar pukul 11.27 WIT saat penyelesaian sedang berjalan ada salah satu anggota masyarakat buang air kecil di samping penjagaan Mapolres Yahukimo. Petugas jaga bernama Bernard Jek kemudian menegur orang tersebut. Teguran itu dibalas dengan makian oleh orang yang buang air kecil.

“Selanjutnya terjadi pertengkaran mulut antara anggota penjagaan dan masyarakat tersebut, kemudian salah satu warga memanggil masyarakat lainnya yang ada di sekitar penjagaan dan yang dip inggir jalan langsung menyerang penjagaan Mapolres Yahukimo,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam pernyataan tertulis dikutip SINDOnews, Rabu (18/12/2019).

Baca juga:  Kapolda Papua: Egianus cs Tak Letakkan Senjata, Kami Kejar Hidup atau Mati

Setelah kejadian itu, kata dia, anggota penjagaan berusaha menenangkan sekelompok masyarakat tersebut. Namun massa tetap bersikap brutal dan memukul KA SPKT Bripka Toniwi Pareme serta melempari anggota yang lain dengan menggunakan batu.

Menurut dia, setelah kejadian tersebut, anggota yang berada di Mapolres Yahukimo langsung menuju Penjagaan SPKT untuk melerai warga yang ribut tersebut dan seketika itu anggota langsung menyuruh masyarakat untuk pulang kembali menuju rumah masing-masing.

Anggota Polres Yahukimo kemudian mencari pelaku yang telah memukul dan melempari anggota. Namun mereka diserang warga yang berada di seputaran Pasar Lama. Petugas pun langsung mengeluarkan tembakan peringatan ke udara.

“Sekelompok masyarakat yang tidak terima dengan kejadian tersebut langsung melakukan tindakan kekerasan secara membabi buta kepada warga yang berada di Jalan Jalur 1 Pemukiman dan juga melakukan pembakaran dua (2) unit kendaraan yang sedang lewat di jalan seputaran Kompleks Ruko Blok B,” bebernya.

Lalu sekitar pukul 12.30 WIT personel Brimob Polda Riau Brigadir Hendra Saut Sibarani yang saat itu sedang melewati Pemukiman Jalur 1 hendak ke arah Pos Brimob dianiaya oleh sekelompok masyarakat di depan Toko Cahaya Yahukimo.

Baca juga:  26 Siswa Aceh Bakal Diterbangkan ke Provinsi Papua

Pukul 12.35 WIT, anggota yang berada di lokasi, langsung membubarkan masyarakat yang berada di seputaran Perempatan Pasar Baru. Pukul 12.50 WIT, tempat anggota Brimob Polda Riau yang mengalami pengeroyokan kemudian di bawa ke RSUD Dekai dengan menggunakan mobil Patroli Polsek Kota untuk mendapatkan pertolongan dari pihak medis.

Namun, lanjut dia, saat diperiksa di RSUD Dekai bahwa Brigpol Hendra Saut Sibarani dinyatakan meninggal Dunia oleh pihak RSUD Dekai.

Musthofa Kamal menyayangkan kejadian tersebut. Saat ini, situasi di Kabupaten Yahukimo sudah aman dan kondusif.

“Diimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Yahukimo agar tetap tenang, jangan terpancing dengan isu-isu yang tidak benar yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan diantara anak bangsa,” katanya. [m/]

Comments