Mercinews

Olahraga

CR7 Antar Portugal ke Putaran Final Piala Eropa 2020

Ronaldo memastian tempat di putaran final Piala Eropa 2020 setelah memperbesar keunggulan Portugal menjadi 2-0 saat melawan Luxembourg di Stade Josy Barthel, Minggu (17/11/2019) malam WIB / Dok. Reuters

Luxembourg, Mercinews.com – Portugal menuntaskan laga terakhir penyisihan Grup B kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan hasil positif. Melawan Luxembourg di Stade Josy Barthel, tim besutan Fernando Santos menang dengan skor tipis 2-0, Minggu (17/11/2019) malam WIB.

Kemenangan ini sudah cukup mengantarkan Portugal lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Portugal lolos ke empat tahunan itu sebagai runner up dengan raihan 17 poin atau tertinggal dua angka dari Ukraina, yang sebelumnya sudah memesan tempat.

Pada pertandingan pemungkas penyisihan Grup B, Portugal yang sempat dihantui masalah kebugaran langsung mengambil inisiatif melakukan serangan. Sepanjang 10 menit pertama, tim tamu mampu menggempur pertahanan tuan rumah melalui aksi Cristiano Ronaldo.

Baca juga:  Ini kata Zidane saat ditanya CR7 penyebab mundur dari Pelatih Madrid

Ronaldo bahkan mempunyai peluang saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. Namun, sepakan kerasnya masih mampu diblok kiper Anthony Moris. CR7 berulang kali mengancam gawang Luxembourg, tapi setiap peluang yang datang gagal menghasilkan gol.

Pada menit 39, Portugal akhirnya berhasil membuka keunggulan melalui Bruno Fernandes setelah menerima umpan akurat Bernardo. Skor 0-1 untuk keunggulan Portugal bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Portugal terus memberikan tekanan. Mereka mendapatkan peluang cepat melalui Ronaldo, namun masih gagal menjadi gol karena tembakan jarak dekat pemain Juventus itu masih diblok bek lawan.

Pada menit 74, Portugal mendapatkan peluang dari tendangan bebas, namun peluang itu gagal dimaksimalkan menjadi gol karena umpan Bernardo yang masih buruk. Empat menit kemudian, pelanggaran pemain Luksemburg kepada Fernandes juga berbuah tendangan bebas dari sudut yang sangat enak. Akan tetapi sepakan Ronaldo masih melebar tipis di sisi kanan gawang.

Rasa penasaran Ronaldo untuk menjebol gawang Luxembourg baru terealisasi pada menit 86. setelah umpan akurat Diogo Jota dikonversikannya menjadi gol.

Baca juga:  Diwarnai Dua Penalti, Iran Vs Portugal Berakhir Imbang 1-1

Hingga pertandingan usai, skor 0-2 untuk kemenangan Portugal tak berubah. Dengan hasil positif ini, Portugal berhasil menemani Ukraina lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 setelah di pertandingan sebelumnya mereka bermain imbang melawan Serbia dengan skor 2-2.[m/]

Comments