Mercinews

Travel

Di Denda! Turis asing di Arab Saudi Tak Boleh Sembarangan Foto dan Video

Perempuan Arab Saudi sibuk berswafoto dalam konser penyanyi opo asal Mesir Tamer Hosny di Jeddah 30 Maret 2018. (AMER HILABI/AFP)

Jakarta, Mercinews.com – Masih soal Arab Saudi yang kian membuka diri untuk turis, walaupun tetap disertai sejumlah peraturan. Salah satunya terkait foto-foto.

Demi menggenjot sektor pariwisata, Arab Saudi telah mengeluarkan visa turis buat 49 negara. Visa itu memudahkan kunjungan wisatawan asing ke negara tersebut.

Terkait hal itu, Arab Saudi juga sudah memberlakukan peraturan mengenai kepatutan di tempat umum buat para turis asing. Ada 19 poin pelanggaran yang dibeberkan di dalam “peraturan kesopanan” ini, termasuk salah satunya perihal mengambil foto dan video.

Dalam peraturan itu disebutkan bahwa, “memfoto atau memvideokan orang lain, kecelakaan lalu lintas, tindak kejahatan, atau insiden lain tanpa izin” bakal dikenakan denda 1.000 riyal (sekitar Rp 3,7 juta) buat pelanggaran awal. Pelanggaran berulang bakal membuat turis dikenai denda dua kali lipat, 2.000 riyal (sekitar Rp 7,5 juta).

Baca juga:  Lewat Surat, Arab Saudi Tolak dari Rencana Perdamaian AS
Baca juga:  Arab Saudi Beri Anak Buah Obama Koper Besar Penuh Permata

Selain itu, foto atau video yang diambil tanpa izin tersebut juga akan dihapus dari perangkat turis yang sudah melanggar aturan terkait. Pelanggaran-pelanggaran lain dapat disimak lebih lanjut dalam artikel di bawah ini:

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.