Bisnis

Di Jawa Timur Plt Gubernur Aceh Dianugerahi Penghargaan Replanting Sawit

Di Jawa Timur Plt Gubernur Aceh Dianugerahi Penghargaan Replanting Sawit / mercinews.com

Malang, Mercinews.com — Pelaksana tugas Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah, MT mendepat anugerah penghargaan Kementerian Pertanian untuk “Peningkatan Produksi dan Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan”, khususnya bidang replanting sawit, pada acara perigatan Hari Perkebunan ke-62, di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (10/12).

Piagam penghargaan itu diserahkan oleh Dirjen Perkebunan Kementerian Perkebunan RI Dr Ir Kasdi, M.Sc dan diterima Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, A Hanan mewakili Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

“Pak Nova Iriansyah dinilai memiliki kepedulian di bidang pembangunan perkebunan pada umumnya, dan teristimewa terkait replanting sawit di Aceh,” kata Hanan.

Baca juga:  Plt Gubernur Aceh: Semua aspirasi akan dibawa ke penerbit izin PT EMM

Hanan menjelaskan, progres replanting sawit saat ini hampir mencapai 15 ribu hektarnya telah diterbitkan Rekomendasi Teknis Provinsi. Dan, seluas 13 ribu hektar di antaranya telah memiliki Rekomendasi Teknis Dirjen Perkebunan. Sedangkan dana yang telah disalurkan kepada rekening kelompok petani sawit di Aceh mencapai Rp120 miliar lebih.

“Saat ini para petani sedang melakukan penanaman sawit, seperti di Kabupaten Aceh Tamiang dan Nagan Raya,” lanjut Hanan.

Pada peringatan Hari Perkebunan tahun 2019 ini, Aceh juga mendapat penghargaan pada kategori lain, yaitu Penghargaan Sertifikasi Organik Kopi Arabika Gayo untuk Kabupaten Bener Meriah, Penghargaan Kewirausahaan kepada Bupati Aceh Tamiang, dan Kelompok Tani Inovatif Gula Sawit yang diterima Kelompok Tani Pama Mandiri dari Kabupaten Aceh Tamiang.

Baca juga:  Plt Gubernur dan Kapolda Aceh Tinjau Kesiapan TPS Jelang Pemilu

“Kita tentu optimis, berbagai penghargaan yang diraih ini akan meningkatkan gairah para petani sawit, sehingga bekerja lebih keras dalam upaya meningkatkan produksi sawit di Aceh,” imbuh Hanan.

Selain Plt Gubernur Aceh, penghargaan juga diberikan kepada sejumlah kepala daerah yang dinilai memiliki komitmen yang tinggi dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas perkebunan di daerahnya masing-masing [m/]