Mercinews

Nasional

Di Upacara HUT RI ke 74, Jusuf Kalla dan Istri Pakai Pakaian Adat Aceh

Jakarta, Mercinews.com – Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI hari ini, Sabtu, 17 Agustus 2019 digelar diberbagai tempat di seluruh Indonesia, tak terkecuali di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Dalam upcara tersebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tampak menggunakan pakaian adat yang berbeda.

Jokowi sendiri tampil dengan pakaian adat Klungkung, Bali lengkap dengan kain batik sebagi bawahan dan penutup kepala. Sementara, Ibu Negara Iriana cantik dan dengan balutan baju adat Tapanuli Utara, Sumatera Utara lengkap. Terlihat juga Ibu Iriana menjinjing tas bertuliskan Horas.

Baca juga:  Pengait Bendera Lepas, Siswa SD di Ambon Panjat Tiang Demi Merah Putih

Seolah tidak mau kalah, Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istri terlihat anggun dalam balutan baju adat Aceh. Mereka tampak serasi dan menjadi pelengkap Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana tiba di Halaman Istana Merdeka pada pukul 09.57 WIB. Jokowi dan Iriana masuk ke arena upacara menggunakan mobil kepresidenan dan langsung masuk dari pintu Jalan Merdeka Utara.

Di dalam mobil, terlihat juga Wapres Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah yang semobil dengan Jokowi.

Baca juga:  JK Minta China Segera Tingkatkan Impor Sawit dari Indonesia

Pada upacara pagi ini yang didapuk sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo lulusan Akademi Angkatan Laut 1997. Saat ini Hariyo menjabat sebagai Kepala Departemen Strategi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal).

Sementara yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Infanteri Ar Razi Furqon Darya. Saat ini ia bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Batalyon Infanteri Raider 500, Sikatan, Kodam V Brawijaya.

Adapun yang bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal Syafruddin, Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta. Syafruddin merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

Comments