Aceh

Diduga Gelembungan Suara Caleg, PPK di Simpang Ulim Aceh Timur Dipidanakan

Ilustrasi | [email protected] pemilu/liputan6

Aceh Timur, Mercinews.com – Diduga telah menggelembung suara caleg salah satu Partai, Panitia Pelaksana Kecamatan ( PPK) Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur dilaporkan ke Panwaslih untuk diproses pidana.

Kasus tersebut dilaporkan oleh Darmawan caleg Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Provinsi Aceh nomor urut 2 Daerah Pemilihan (dapil) 6 Aceh Timur dari partai persatuan pembangunan (PPP) . Jumat (25/4/2019)

Dalam laporannya, Darmawan menyebutkan telah terjadi tindak pidana pengelembungan suara yang dilakukan oleh PPK untuk caleg nomor urut 1 dari partai yang sama atas nama Murhaban Makam.

Baca juga:  Pemerintah Aceh Evaluasi Kebijakan Terkait Penanganan Virus Corona

Disebutkan Darmawan, pengelembungan suara untuk caleg nomor urut 1 sangat mencolok dan tidak rasional, menurutnya, dari total suara badan yang diperoleh, yakni 1.950 suara menjadi 2.806 suara.

“Selain suara Caleg bertambah, suara partai menjadi berkurang setelah direkap PPK, pengegelembungan dilakukan pada formulir DA1. Sedangkan di C1 masih sama”. kata Darmawan

Terkait laporan tersebut, ketua Panwaslih Aceh Timur, .Maimun mengatakan segera memanggil pihak yang berkaitan dan menindaklanjuti laporan dugaan kecurangan yang sudah diterima.

Baca juga:  Cakra 19 Aceh targetkan 60 persen suara ke Jokowi-Ma'ruf

“Kita sudah terima laporan, yang berkaitan segera kita panggil, informasi lanjutan kami sampaikan setelah kami panggil pihak terkait. Kalau terbukti kita proses ke tahap berikutnya, batas waktu dari laporan hingga 7 hari kedepan dari hari ini kita sudah tindak lanjut. percayakan dengan kami”. kata Maimun .

Comments