Mercinews

Berita

Dinilai Langgar Kode Etik, DKPP Pecat Dua Komisioner KPU

Evi Novida Ginting dan Ilham Saputra

Jakarta, Mercinews.com – Dua Komisioner KPU dipecat dari jabatan internal lembaga penyelenggara Pemilu tersebut. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan, Evi Novida Ginting dan Ilham Saputra bersalah melanggar kode etik penyelenggara Pemilu dan menjatuhkan keduanya sanksi.

Ilham Saputra diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Sedangkan Evi diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua Divisi Sumberdaya Manusia, Organisasi, Diklat dan Litbang KPU RI.

Dilansir dari situs DKPP, Ilham, dinilai melanggar kode etik pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR. Keputusan itu dituangkan dalam dokumen DKPP Nomor : 61-PKE-DKPP/IV/2019. Putusan tersebut juga sudah diunggah di situs resmi DKPP, Rabu (10/7/2019).

“Menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraa dan Logistik kepada teradu III Ilham Saputra selaku anggota KPU RI terhitung sejak dibacakan putusan ini,” demikian isi kutipan dalam putusan tersebut.

Baca juga:  Bawaslu Cabut Izin Satu Lembaga Pemantau Pemilu 2019

Keputusan tersebut berdasarkan aduan politisi Partai Hanura, Tulus Sukariyanto.

Sedangkan sanksi untuk Evi Novida ginting tertuang dalam surat Nomor : 31-PKE-DKPP/III/2019.

“Menjatuhkan sanksi berupa Peringatan Keras dan pemberhentian dari jabatan Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Diklat dan Litbang kepada Teradu VI Evi Novida Ginting Manik selaku Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesa sejak dibacakannya Putusan ini,” demikian isi putusan tersebut.

Keputusan tersebut berdasarkan aduan Adly Yusuf Saepi. Pengadu merupakan PNS serta mantan anggota KPU Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pada dua putusan itu, DKPP juga memerintahkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI untuk mengawasi pelaksanaan Putusan tersebut.

Baca juga:  KPU: 11 Kabupaten/Kota Lakukan Pemungutan Suara Susulan

Komentar dua Komisioner KPU setelah dipecat

Menanggapi putusan DKPP tersebut, Ilham Saputra menyatakan, menghormati keputusan DKPP tersebut. Dia mengaku tidak mempersoalkan pemberhentian itu.

“Tidak (diberhentikan) sebagai komisioner. Hanya sebagai ketua divisi saja,” kata Ilham sebagaimana dilansir dari kompas.com, Kamis (11/7/2019).

Dilansir dari sumber yang sama (kompas.com), Evi Novida Ginting juga mengaku tidak mempermasalahkan pemberhentian itu.

“Enggak ada masalah soal penggantian divisi. Saya juga kan baru saja berganti divisi SDM. Saya itu kan menjadi Ketua Divisi SDM kan baru akhir bulan Januari atau awal Februari lah. Jadi biasa saja gitu kalau pergantian divisi itu,” kata Evi.

Editor : Khairul Umam

Comments
To Top