Mercinews

Kesehatan

Dinkes Aceh Barat siapkan 10.000 masker untuk warga hindari kabut asap

Dinkes Aceh Barat siapkan 10.000 masker untuk warga hindari kabut asap

Meulaboh, Mercinews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat sudah menyiapkan 10.000 masker untuk dibagikan kepada warga yang bermukim di sejumlah kecamatan guna menghindari sebaran kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.

Masker tersebut rencananya akan dibagikan kepada masyarakat yang bermukim di sekitar Kecamatan Bubon, Samatiga, Johan Pahlawan, serta daerah lainnya yang berdampak kabut asap.

“Pembagian masker ini akan kami laksanakan pada Kamis (8/8) pagi, tujuannya agar pernapasan warga tidak terganggu sekaligus menyelamatkan kesehatan masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah kepada Antara di Meulaboh, Rabu (7/8/2019).

Baca juga:  Kalapas Meulaboh: Ada Oknum Sipir Terlibat Peredaran Narkoba di Lapas

Menurutnya, dampak kabut asap dirasakan masyarakat di daerah itu terjadi pada malam hingga pagi hari, sehingga hal ini membuat warga kesulitan bernapas dan harus melindungi diri menggunakan masker.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas di luar rumah saat sebaran kabut asap terjadi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tidak hanya itu, kata dia, pihaknya juga sedang menyiapkan makanan tambahan yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat guna menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar memperbanyak konsumsi air putih saat musim kemarau seperti ini, mengonsumsi buah segar, sayuran dan makanan sehat agar daya tahan tubuh semakin meningkat,” kata Syarifah Junaidah menambahkan.

Baca juga:  Pemkab Aceh Barat tetapkan status siaga darurat bencana asap

Uploader : Salahuddin Wahid
Sumber: Antara

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.