Mercinews

Aceh

Dinsos ke Papua Cek Kondisi Warga Aceh di Wamena

Dinsos aceh Bertolak ke Papua Cek Kondisi Warga Aceh di Wamena

Banda Aceh, Mercinews.com  – Dinas Sosial (Dinsos) Aceh terbang ke Papua untuk mendata warga Aceh yang menjadi pengungsi usai kericuhan yang pecah di Wamena. Menurut Dinsos Aceh, ada sejumlah warga asal Aceh yang ingin pulang kampung karena trauma dengan kericuhan yang terjadi.

“Kita akan melakukan pendataan terhadap masyarakat Aceh di Papua. Kabarnya, banyak masyarakat Aceh yang ingin pulang ke kampung halaman dikarenakan trauma dengan situasi yang terjadi di daerah tersebut,” kata Kadinsos Aceh Alhudri kepada wartawan, Jumat (4/10/2019).

Berdasarkan data yang diperoleh Dinsos, ada sejumlah warga asal Aceh yang mengungsi dari Wamena. Antara lain, Dewi asal Lhokseumawe yang kini berada di Probolinggo; Cut Eva asal Lhokpaoh, Tapaktuan, yang kini berada di Jakarta Timur.

Baca juga:  Dari 1,5 tahun, kini Abdullah Puteh di Vonis Jadi 3,5 Tahun penjara

Selain itu, ada juga Riska asal Aceh Tenggara beserta dua anaknya dan seorang adiknya kini berada di Bakorwil Malang, Jawa Timur. Keempatnya rencananya berangkat ke Banda Aceh dari Surabaya hari ini.

Menurut Alhudri, ada juga warga Aceh yang dievakuasi ke Jayapura menggunakan pesawat Hercules milik TNI. Mereka adalah Jecky A, Rosmawati dan Cut Wahyuni asal Langsa.

Alhudri menjelaskan nantinya, tim dari Dinsos Aceh akan mendata kembali jumlah warga asal Aceh yang masih berada di tempat-tempat pengungsian. Koordinasi juga dilakukan dengan pemerintah setempat.

“Nanti kita juga akan memintai keterangan warga Aceh yang berada di sana,” jelas Alhudri.

Surati Pemprov dan DPR Papua

Selain itu, anggota DPR Aceh Iskandar Usman Alfarlaky, mengaku sudah menyurati Pemerintah Aceh, Pemprov Papua, DPRD Papua serta Dandim Wamena. Surat itu terkait proses evakuasi warga asal Aceh di sana.

Ada lima warga yang disebutnya masih berada di pengungsian yang ada di Wamena. Mereka adalah Abdul Muthalib (28) asal Matang Gleum, Peureulak, Aceh Timur, Marzuki (38), asal Matang Gleum, Peureulak, Aceh Timur, Rosnawati (35), istri dari Marzuki, Aiyub (32) asal Bireuen serta Rudi Sunardi (29) asal Sawang, Aceh Utara.

Baca juga:  Pengamanan pelantikan 81 Anggota DPR Aceh 2019-2024 berlangsung ketat

“Yang lain ada yang sudah keluar ke Jayapura, Sentani, Makassar dan Probolinggo. Warga kita sangat trauma di sana. Warga ada yang sudah menetap di sana lima hingga 30 tahun. Mereka berjualan baik pakaian maupun makanan,” kata Iskandar. [m/]

Comments
To Top