Kesehatan

Direktur RSUDZA: Abu Diperiksa dengan Alat Canggih, 100 Persen Akurat

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUDZA) Banda Aceh, Azharuddin. Foto: AJNN/Fauzul Husni

Banda Aceh, Mercinews.com – Terkait positifnya seorang ulama kharismatik Aceh, Tgk HB (71) asal Samalanga, Kabupaten Bireuen menimbulkan pertanyaan banyak pihak karena hasilnya dinilai begitu cepat diketahui.

Terkait hal itu, Direktur RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, dr Azharuddin mengatakan, penanganan terhadap Abu diberlakukan secara khusus, ia diperiksa dengan alat yang begitu canggih, sehingga hasil uji swabnya itu cepat keluar.

Azharuddin menjelaskan, Abu diperiksa dengan tes Teknik Cepat Molekuler (TCM), alat itu jauh berbeda dengan Polymerase Chain Reaction (PCR).

TCM tersebut merupakan alat tes yang paling maju saat ini, dan tingkat keakuratannya sampai 100 persen. Hasilnya juga dapat diketahui lebih cepat, hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Baca juga:  Jokowi Peringatkan Kepala Daerah, Jangan Asal Lockdown karena Virus Corona

“Untuk Abu kita gunakan teknik yang lebih maju, Test jenis ini TCM ini mahal, karenanya tidak terlalu terkenal, dan hasilnya 100 persen akurat,” jelas Azharuddin kepada Ajnn, Kamis (23/7).

Kata Azharuddin, alat TCM tersebut lebih cepat jika dibandingkan dengan PCR yang membutuhkan waktu lebih lama, bahkan lebih dari enam jam baru keluar hasilnya. Selain itu, Azharuddin juga menyampaikan, kondisi Abu sampai hari ini masih tetap stabil, dan tim rumah sakit selalu mengawasinya.

“Alhamdulillah kondisi Abu hari ini tetap stabil,” ujarnya. Azharuddin juga menerangkan, untuk pasien positif Covid-19 yang menjadi konsen tim medis adalah perjalanan perkembangan penyakit sampai hari ke tujuh. Setelahnya, ketika sampai pada hari ke 14. Karena mulai hari ke tujuh, jika tubuh pasien kuat maka akan terbentuk antibodi (pertahanan tubuh), atau maksimalnya sampai dengan hari ke 14.

“Artinya, minimal jika sampai hari ke tujuh pasien terus stabil, Insya Allah akan tetap stabil dan sembuh atau membaik sampai hari ke 14,” tutur Azharuddin.

Baca juga:  Jusuf Kalla: Virus Corona Tak Bisa Diajak Berdamai, Harus Tegas

Untuk saat ini, Abu masih menjalani perawatan secara intensif di ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) RSUDZA.

[]

 

Sumber: Ajnn.net

 

Comments