Mercinews

Fenomena

Fenomena Malam Ini Ada Saturnus di Balik Bulan, ini wilayah yang dapat diamati

Foto: NASA/AFP

Jakarta, Mercinews.com – Bagi kalian yang menggemari keindahan alam, khususnya astronomi, bersiaplah! Malam ini, Minggu (8/9/2019) akan ada Saturnus bersembunyi di balik Bulan.

Fenomena ini dijelaskan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebagai Okultasi Saturnus. Okultasi sendiri diartikan peristiwa astronomis ketika sebuah benda langit tampak dlintasi benda langit lainnya berdasarkan sudut pandang pengamat.

“Okultasi terjadi ketika objek berukuran relatif lebih besar menutupi atau melintas di depan objek yang berukuran lebih kecil jika diamati dari Bumi,” kata LAPAN di akun Twitter miliknya.

Baca juga:  Ini Harga Pesawat N219 buatan Bandung yang Mau dibeli Pemerintah Aceh

Lebih lanjut lagi, LAPAN memaparkan Saturnus cukup untuk diamati langsung secara bersamaan dengan Bulan sehingga peristiwa ketika planet bercicin ini menghilang di balik permukaan Bulan akan dapat diamati tanpa instrumen tambahan.

Perlu jadi perhatian bagi yang tertarik untuk menyaksikan kejadian alam ini, agar mencari posisi kedua objek tersebut di langit. Kedua benda langit ini cukup mudah dikenali. Artinya, tidak ada kesulitan untuk mencari posisi keduanya.

Baca juga:  Pesawat Terbesar di Dunia dengan Sayap Lebih Panjang dari Lapangan Sepak Bola

“(Fenomena alam ini) dapat diamati di wilayah Pulau Jawa, Papua, Kalimantan Selatan, dan wilayah di sekitarnya,” kata LAPAN.

Sebagian Indonesia Bisa Nobar

Dalam informasi yang disampaikan LAPAN, sebagian masyarakat Indonesia bisa menikmati detik-detik Saturnus ‘dilahap’ Bulan yang ada di depannya.[m/]

Ini daftar okultasi Saturnus berdasarkan wilayah:

 

Sumber: detikcom

Comments