Hukum

Gelapkan Dana Desa, Pj Geuchik di Aceh Utara Ini Ditangkap Pas Pulang dari Pelarian

Gelapkan Dana Desa, Pj Geuchik di Aceh Utara Ini Ditangkap Pas Pulang dari Pelarian

Lhokseumawe, Mercinews.com – Personil Satreskrim Polres Lhokseumawe menangkap mantan PJ Kepala Desa Matang Ulim, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, ILM.

Dia merupakan tersangka penggelapan dana desa dengan nilai kerugian negara Rp 793 juta tahun 2017.

Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Indra T Herlambang mengatakan, ILM, yang juga salah PNS Pemko Lhokseumawe, menarik dana desa sebanyak 7 kali dari rekening Giro PKPKG Gampong Matang Ulim pada 2017 lalu.

Dari 7 kali penarikan tersebut, 4 kali penarikan dilakukan tersangka dengan cara memalsukan tanda tangan bendahara yang berinisial MIM.

Baca juga:  Aceh Utara Melarang Perempuan dan Anak di Bawah Umur Keluar Malam

“Dalam penarikan empat kali itu tersangka telah melakukan penarikan pada bulan September dua kali dengan jumlah Rp 70 juta dan Rp 80 juta, kemudian di bulan Oktober 2017 sebanyak Rp 50 juta, dan Desember 2017 sebanyak Rp 100 juta,” papar Indra.

Sedangkan untuk tiga penarikan lainnya dilakukan oleh tersangka dan didampingi bendahara. Sehingga pada tahun 2017 dana desa yang dikuasai oleh tersangka Rp 300 juta ditambah Rp 110 juta.

Dari jumlah uang tersebut, tersangka sempat mengembalikan Rp 85 juta secara bertahap melalui Sekretaris Gampong berinisial BTR.

Baca juga:  Pemkab Aceh Utara Terima Satu Sapi Kurban Dari Jokowi

“Akibat penggelapan dana desa itu, laporan pertanggung jawaban dana desa pada tahun 2017 tidak bisa dipertanggungjawabkan, sehingga penyidik melakukan penyelidikan pada 2018, dalam tahapan penyelidikan tersangka ILM melarikan diri ke luar negeri,” katanya.

Pada Januari 2020 lalu, kata Indra, petugas kemudian mendapat kabar bahwa ILM telah pulang kampung. “Petugas melakukan penangkapan di Lhoksemawe pada Januari 2020 lalu,” sebut Indra.

 

[m/]

Comments