Mercinews

Peristiwa

Gempa Bumi 5,0 SR Guncang Sinabang Simeulue

Banda Aceh, Mercinews.comGempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,0 mengguncang Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh, Senin (2/9/2019), pukul 05.41 WIB. Guncangan gempa bumi dirasakan dalam skala intensitas I-II MMI di Sinabang.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 2,10 Lintang Utara (LU) dan 96,51 Bujur Timur (BT).

Baca juga:  Ini Lokasi Pusat Gempa 7,1 SR di Malut yang Berpotensi Tsunami

Pusat gempa berada di laut, berjarak 44 kilometer (km) dari arah Tenggara Kota Sinabang. Sementara kedalaman gempa bumi 21 km.

BPBD Simeulue menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, juga diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Hingga berita ini diturunkan, pihak BPBD Simeulue belum menerima laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa bumi tersebut

 

Baca juga:  Gempa M 7,1, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami di Sulut-Malut

 

Comments