Internasional

Giliran Dubes AS Kutuk Serangan Houthi Terhadap Fasilitas Minyak Saudi

AS mengutuk serangan Houthi, terhadap fasilitas minyak Arab Saudi. Foto/Istimewa

Riyadh, Mercinews.com – Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Arab Saudi mengutuk serangan drone terhadap fasilitas minyak Saudi pada hari Sabtu (14/9 Serangan yang disebut sebagai aksi yang tidak bisa diterima itu, diklaim dilakukan oleh kelompok pemberontak Yaman Houthi.

“AS mengecam keras serangan drone hari ini terhadap fasilitas minyak di Abqaiq dan Khurais. Serangan-serangan terhadap infrastruktur kritis ini membahayakan warga sipil, tidak dapat diterima, dan cepat atau lambat akan mengakibatkan nyawa tak berdosa hilang,” kata misi diplomatik AS mengutip Duta Besar John Abizaid seperti dilansir dari Reuters, Minggu (15/9/2019).

Baca juga:  Serangan Drone Houthi Yaman Pabrik Gas di Arab Saudi Timur Terbakar

Sebelumnya sekutu AS, Inggris juga mengutuk serangan pesawat tak berawak kelompok Houthi terhadap fasilitas minyak Arab Saudi. Inggris pun menyatakan bahwa kelompok pemberontak Yaman itu harus berhenti menargetkan infrastruktur sipil dan komersil Saudi.

Kelompok Houthi menyerang dua pabrik di jantung industri minyak Arab Saudi, termasuk fasilitas pemrosesan minyak bumi terbesar di dunia, dalam sebuah serangan dini hari yang oleh beberapa sumber dikatakan telah mengganggu produksi dan ekspor.

Baca juga:  Akibat Dibom Iran, 100 Tentara AS Cedera Otak

Serangan itu dilancarkan di provinsi Abqaiq dan Khura. Abqaiq, 60 km (37 mil) sebelah barat daya Dhahran, Arab Saudi, terdapat pabrik pemrosesan minyak terbesar di dunia. Sedangkan Khurais, 190 km di wilayah barat daya negara tersebut, memiliki ladang minyak terbesar kedua di Saudi. [m/]

Comments