Mercinews

Aceh

Haji Uma Bantu Pemulangan Warga Abdya Yang Sakit di Malaysia

Haji Uma Bantu Pemulangan Warga Abdya Yang Sakit di Malaysia

Blangpidie (Mercinews.com – Anggota DPD-RI Haji Uma bantu memulangkan warga Aceh Barat Daya yang menderita strok di Malaysia. Rabu (20/11)

Muhammad Yusuf berasal dari kampung Tengah, Kecamatan Kuala Batee, harus mendapat perawatan intensif di rumah Sakit Battink Kelank, Malaysia sejak seminggu lalu setelah mengalami stroke.

Karna tidak ada biaya keluarga Yusuf langsung menyurati H. Sudirman (anggota DPD RI) dan juga berharap bantuan dari para dermawan lainnya untuk dapat meringankan pelunasan biaya rumah sakit dan pemulangan Muhammad Yusuf kembali ke daerah asalnya.

Keluarga Yusuf sangat berharap bisa memulangkannya ke Aceh, mengingat biaya rumah sakit semakin besar seiring makin lamanya dirawat di Malaysia. Sedangkan keluarga M. Yusuf sendiri secara ekonomi tidak memiliki biaya dan tergolong keluarga tidak mampu.

Baca juga:  Tanggap tangani kebakaran, Dewan apresiasi kinerja BPBK Abdya

Sementara itu, anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman atau Haji Uma mengaku telah menerima surat dari keluarga M. Yusuf dan juga telah melakukan kontak dengan warga Aceh yang mendampingi M. Yusuf selama perawatan di rumah sakit di Malaysia.

“Kita telah melakukan kontak dengan seorang pendamping disana sebagai tindak lanjut surat dari keluarga M. Yusuf. Saat ini kita masih terus menunggu dan berharap perkembangan kondisi pasien sehingga dapat segera dipulangkan”, ujar Haji Uma.

Haji Uma juga menyebutkan, hasil komunikasinya senin malam kemarin diketahui jika dokter yang bertanggung jawab terhadap pengobatan M. Yusuf disana belum hadir. Sehingga belum bisa dilakukan estimasi biaya dan pembayaran serta pembuatan surat keterangan penyakit untuk referensi tindak lanjut penanganannya.

Baca juga:  Haji Uma Bantu Advokasi Warga Aceh yang Bunuh Preman di Medan

Tak hanya itu haji Uma juga telah berkoordinasi dengan BP3TKI Aceh untuk pemulangan dan pihak Rumah Sakit Zainoel Abidin di Banda Aceh untuk penanganan lanjutan nantinya. Selain itu, Haji Uma juga telah berkomunikasi dengan pihak BPJS luar negeri di Malaysia untuk membantu menekan biaya rumah sakit.

“Kita sudah mencoba melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak yang nantinya kita harapkan dapat membantu proses pemulangan dan perawatan lanjutan bagi M. Yusuf setelah dipulangkan ke Aceh”, kata Haji Uma.

Haji Uma berharap kepada pihak keluarga di Aceh agar bersabar dan berdoa bagi kemajuan kondisi M. Yusuf agar langkah upaya pemulangan ke Aceh segera dapat dilakukan.

Comments