Mercinews

Bisnis

Harga minyak Nilam di Aceh Barat Rp570 ribu per kilogram

Seorang pekerja menuangkan minyak nilam hasil penyulingan pada sebuah agen pengepul di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Hingga Jumat (8/11/2019) harga minyak nilam di daerah itu dijual seharga Rp570 ribu per kilogram. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Meulaboh, Mercinews.com – Harga jual minyak Nilam di Kabupaten Aceh Barat, hingga kini masih dijual dengan harga tinggi sebesar Rp570 ribu per kilogram.

“Sampai saat ini potensi penjualan minyak Nilam di Aceh Barat masih menjanjikan, khususnya bagi kalangan petani,” kata seorang agen pengepul, Armansyah Putra di Meulaboh, Jumat (8/11/2019).

Menurutnya, tingginya harga jual minyak nilam hasil penyulingan tradisional tersebut, karena sampai saat ini minyak nilam dari Aceh masih sangat diminati untuk pasar dalam negeri maupun di pasar luar negeri.

Baca juga:  Diseruduk Hewan Kurban, Warga Ujong Kalak Aceh Barat Dilarikan ke Rumah Sakit

Bahkan untuk kebutuhan dalam negeri, Arman mengaku rata-rata hampir setiap pekan, pihaknya mampu mengumpulkan minyak nilam dari petani paling sedikit mencapai satu ton lebih.

Agar produksi minyak nilam dapat semakin bergairah kepada masyarakat, ia berharap pemerintah daerah agar mampu melakukan pembinaan dan memberikan bantuan, sehingga petani dapat lebih mudah menanam tanaman tersebut guna meningkatkan produksi.

Tidak hanya itu, pihaknya berharap agar petani juga dibekali pelatihan agar mampu meningkatkan produksi minyak dan berkualitas tinggi.

Baca juga:  5.773 warga di Aceh Barat sudah terima bantuan modal usaha Rp15 juta/KK

“Kalau petani nilam dibina dengan baik, saya yakin Aceh Barat akan mampu menjadi sentra minyak nilam terbaik di Aceh,” kata Armansyah Putra menambahkan. [m/]

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Uploader : Salahuddin Wahid

Sumber: Antara

Comments