Mercinews

Asia Pasifik

Hari Ini Timor Leste Rayakan 20 Tahun lepas dari Indonesia

Upacara Bendera Timor Leste

Timor Leste, Mercinews.com – Timor Leste pada hari ini, Jumat 30 Agustus 2019 merayakan 20 tahun lepas dari Indonesia dan menjadi negara merdeka. Pemungutan suara yang didukung oleh PBB mengakhiri pendudukan berdarah selama puluhan tahun oleh pasukan Indonesia dan membuka jalan bagi hal itu untuk menjadi negara yang merdeka.

Dilansir dari chanelnewsasia, pada 30 Agustus 1999, hampir 80 persen orang Timor Timur memilih untuk berpisah dari negara tetangga Indonesia. Indonesia berada di bekas jajahan Portugis sejak 1975, memulai pendudukan militer selama 24 tahun.

Baca juga:  Mualem Suarakan Referendum, PPP: Bukan Suara Mayoritas Rakyat Aceh

Selama 24 tahun militer Indonesia menguasai Timor Timor, yang dikenalkan sebagai Provinsi ke 27, konflik tak terhindarkan. Ribuan nyawa pun melayang.

Hingga akhirnya pada 30 Agustus 2019, Timor Leste menggelar referendum dan hampir 80 persen memilih berpisah dari Indonesia, hingga akhirnya mereka merdeka. Dan kemudian mendapatkan status independen pada 2002.

Baca juga:  Ketua DPR Bambang Soesatyo Tolak Wacana Referendum Aceh

Di hari bersejarah ini, Timor Leste dilaporkan telah mempersiapkan satu perayaan yang akan dihadiri sejumlah pemimpin asing, termasuk Perdana Menteri Australia, Scott Morrison.