Mercinews

Nasional

Hasil Polling Lokasi Ibu Kota Baru: Mayoritas Pilih Palangka Raya

Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah/Foto: Eduardo Simorangkir

Jakarta, Mercinews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memindahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa. Belum diketahui secara persis lokasinya, namun sejumlah nama disebut-sebut sebagai calon ibu kota.

Beberapa wilayah tersebut antara lain Palangka Raya, Mamuju, Samarinda/Balikpapan, dan lain sebagainya.

Terkait lokasi ibu kota, detikFinance pun menggelar polling. Tujuannya, untuk mengetahui pandangan masyarakat terkait lokasi yang cocok sebagai ibu kota baru tersebut.

Polling digelar dari kemarin siang, Selasa (30/4/2019) melalui Twitter detikFinance dan ditutup hari ini Rabu (1/5/2019) pukul 13.00 WIB. Polling diikuti oleh 1.639 akun.

Hasilnya, mayoritas netizen yang ikut polling ingin agar ibu kota dipindahkan ke Palangka Raya. Secara persentase mencapai 49%.

Baca juga:  Viral Tertawa Lepas dengan PM Singapura, Ini yang Dibahas Presiden Jokowi

Salah satu netizen dengan akun @mamets_cull mengatakan, ibu kota pindah ke Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah  supaya tidak jawa sentris. Lokasi ini, menurutnya, sesuai dengan keinginan proklamator Presiden Pertama Indonesia Soekarno.

“Bung Karno sudah merencanakan ibu kota pindah ke Palangka Raya. Sepertinya prediksi beliau tentang kondisi Jakarta sekarang benar adanya, juga agar tidak jawa sentris. Indonesia bukan hanya Jawa,” cuitnya.

Kemudian, disusul Samarinda/Balikpapan dengan 21% dan wilayah lain-lainnya 24%. Mamuju memiliki porsi paling sedikit dengan persentase sebanyak 6%.

Sebagai informasi, dalam laman media sosialnya, Jokowi lewat Instagramnya @jokowi juga mengajak netizen memilih daerah yang cocok sebagai ibu kota baru. Dia bilang, Jakarta sebagai ibu kota memikul dua beban yakni pusat pemerintahan dan layanan publik, serta pusat bisnis.

Baca juga:  Presiden Tekankan Dua Hal dalam Rakornas dengan Pemerintah Daerah

“Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?” tanya Jokowi.

Comments
To Top