Aceh

Hasil Rapid Test, Satu PDP di Pidie Positif Covid-19

Tim Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Pidie memberikan keterangan pers. Foto: For AJNN

Pidie, Mercinews.com – Tim Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Pidie merilis perkembangan terbaru kasus Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Pidie, satu orang positif setelah berdasarkan hasil rapid tess.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pidie, Efendi dalam keterangan pers di Posko Gugus tugas Covid-19 Dinas Kesehatan setempat, Selasa (9/4) menyebutkan, terhitung 9 April 2020, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 22 orang dengan rincian 12 orang dalam pemantauan, yang sudah selesai proses pemantauan 10 orang.

Sedangkan jumlah pasien dalam pemantauan (PDP) 9 orang, dengan rician 1 PDP yang dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Tgk Chik Ditiro, Sigli, 5 orang disisolasi di rumah, dan tiga orang lainnya sudah pulang.

Baca juga:  Menyambung Asa Para Penyandang Disabilitas Melalui Bantuan Kaki Palsu

“Dari jumlah PDP 9 orang, satu orang pasien laki-laki dinyatakan positif setelah dilakukan rapid test anti body,” katanya.

Sementara Tim Gugus Covid-19 Pidie, Bidang Pelayanan RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli, Dwi Wijaya mengatakan, meski hasil rapid test anti body menyatakan satu orang positif terjangkit virus corona, namun pihaknya sejauh ini belum dapat menyimpulkan hasil tes rapid tes anti body bahwa terpapar Covid-19.

Baca juga:  Plt Gubernur Ajak Masyarakat Aceh Konsisten Realisasikan Pancasila

“Hasil test melalui rapid test ini belum dapat disimpulkan bahwa pasien itu menderita covid secara pasti,” katanya.

Dia menjelaskan, pasien laki-laki berusia 34 tahun saat ini dalam kondisi stabil, namun tetap dalam pengawasan dokter spesialis paru dan dokter spesialis penyakit dalam RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli.

“Tim Covid RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli rencananya hari ini akan merujuk pasien PDP tersebut ke Rumah Sakit Umum (RSU) Zainole Abidin Banda Aceh untuk dilakukan swab dengan Polymerase Chain Reaction (PCR),” kata Dwi.

[m/news]

Sumber: Ajnn