Mercinews

Nasional

Ini Dia Mobil Dinas Baru untuk Presiden Joko Widodo

Mercedes-Benz S600 Guard

Jakarta, Mercinews.com – Presiden Joko Widodo masih akan menunggangi mobil asal Jerman sebagai kendaraan dinasnya. Dalam laman Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) Jokowi bakal menumpangi Mercedes-Benz S600 Guard dengan peruntukan bagi kepala negara.

“Sesuai hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekretariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan,” tulis laman tersebut.

Mobil Jokowi ini memang sudah beberapa kali disebutkan mengalami kerusakan. Bahkan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengutarakan bahwa beberapa fungsi di dalam mobil sudah rusak sehingga tak bisa menunjang kegiatan kepresidenan dengan baik.

Baca juga:  TKN Jokowi-Ma'ruf Amin Resmi Bubar

Mercedes-Benz S600 Guard turunan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu juga pernah beberapa kali mogok ketika Jokowi sedang melaksanakan pekerjaannya. Mobil Mercy memang identik sebagai kendaraan kepresidenan.

Banyak kepala negara yang mempercayakan Mercy sebagai mobil dinasnya. Mercedes-Benz S-Class memang dirancang oleh pabrikan Jerman itu untuk merepresentasikan kenyamanan dan keamanan berkendara. Seperti dilansir situs The Journal, Mobil ini merupakan salah satu model flagship Mercedes-Benz. S600 Guard dibekali beragam teknologi terbaik. Begitu juga soal performa dan dinamika berkendaranya.

Salah satu fitur terbaik dari Mercedes-Benz S 600 adalah Pre-Safe System untuk membuat kalangan VIP di dalamnya tetap aman. Sistem itu disebut untuk melindungi penghuni mobil jika terjadi kecelakaan.

Mercedes-Benz memang sengaja membuat S 600 Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi. Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz S 600 Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

Baca juga:  Jokowi: Mobil Esemka Wajib Dibeli, Kalau Beli yang Lain Kebangetan

Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis. Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.

 

Sumber: detikcom

 

Comments