Mercinews

Internasional

Iran Bilang Kapal Tankernya Kena 2 Rudal di Dekat Arab Saudi

Kapal tanker minyak Iran terbakar setelah dihantam ledakan di lepas pantai Jeddah, Arab Saudi, di kawasan Laut Merah, Jumat (11/10/2019). Foto/en.trend.az

Teheran, Mercinews.com – Otoritas Iran menyebut sebuah kapal tanker miliknya yang dihantam ledakan dan terbakar di dekat kota pelabuhan Jeddah, Arab Saudi, terkena dua rudal. Tidak disebut lebih lanjut asal rudal tersebut.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Jumat (11/10/2019), Perusahaan Tanker Nasional Iran (NITC) sebagai pemilik kapal tanker tersebut, menyatakan bagian lambung kapal dihantam dua ledakan terpisah saat berlayar di perairan berjarak sekitar 100 kilometer dari kota pelabuhan Jeddah, Saudi.

Disebutkan NITC bahwa ledakan itu ‘mungkin disebabkan oleh serangan rudal’.

Dalam pernyataan terpisah, Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC) yang merupakan induk perusahaan NITC secara terang-terangan menyebut ada dua rudal yang mengenai kapal tanker tersebut.

Baca juga:  Jika Membuat Kesalahan, Iran Ancam Hancurkan Israel dalam 30 Menit

“Dua rudal mengenai kapal milik Iran di dekat kota pelabuhan Jeddah di Arab Saudi,” kata NIOC dalam pernyataan yang dikutip televisi nasional Iran. Tidak dijelaskan lebih lanjut asal rudal tersebut.

Sebelumnya, sejumlah sumber menuturkan kepada kantor berita ISNA bahwa ledakan itu memicu kerusakan parah pada kapal tanker tersebut. Muatan minyak yang dibawa kapal tanker itu juga tumpah ke perairan Laut Merah.

Sejumlah sumber Iran juga menyebut keterlibatan teroris dalam insiden itu. “Para pakar meyakini itu merupakan serangan teroris,” ujar sumber-sumber tersebut kepada ISNA.

Ditegaskan oleh pihak NITC bahwa seluruh awak kapal itu selamat dan kapal dalam keadaan stabil. “Seluruh awak kapal selamat dan kapal dalam keadaan stabil,” tegas NITC, sembari menyatakan bahwa awak kapal berupaya memperbaiki kerusakan pada kapal tanker tersebut.

Baca juga:  Militer Israel Serang Suriah-Lebanon-Irak dalam Sehari, Iran: Operasi Gila

Terakhir, NITC menyangkal laporan yang menyebut kapal tanker itu terbakar usai dihantam ledakan. “Tidak ada api di atas kapal dan kapal sepenuhnya stabil,” tandas NITC.[m/]

Comments
To Top