Internasional

Israel tutup perlintasan Gaza setelah Palestina kirim balon pembakar

Israel tutup perlintasan Gaza setelah Palestina kirim balon pembakar

Yerusalem, Mercinews.com – Israel pada Selasa menutup salah satu perlintasan perbatasan utamanya dengan Jalur Gaza setelah Palestina meluncurkan balon-balon pembakar yang menyebabkan kebakaran di beberapa area di perbatasan Israel.

Media Israel melaporkan bahwa lebih dari 30 kebakaran terjadi di lingkungan sekitar komunitas perbatasan yang disebabkan balon-balon yang membawa perangkat pembakar yang diluncurkan dari Gaza.

Baca juga:  Sambangi Wilayah Tepi Barat, Delegasi AS Dilempari Telur

“Perlintasan perbatasan Kerem Shalom akan ditutup untuk pengiriman semua barang, kecuali untuk masuknya bantuan kemanusiaan yang penting dan bahan bakar,” kata Kementerian Pertahanan Israel dalam sebuah pernyataan.

Kerem Shalom adalah salah satu dari tiga jalur penyeberangan perbatasan utama Gaza dengan Israel dan Mesir, dan di situlah sebagian besar pengiriman barang lewat setiap hari.

Baca juga:  Terima Undangan PM Israel, Neymar Dikecam

Para pejabat Palestina mengatakan penutupan Kerem Shalom tersebut akan berdampak terutama pada pengiriman bahan-bahan bangunan.

Jalur Gaza dijalankan oleh Hamas, yakni sebuah kelompok Islam yang oleh Israel dan Barat disebut sebagai organisasi teroris.

Terkait masalah keamanan, Israel mempertahankan kontrol ketat atas perbatasan darat dan lautnya. Mesir juga membatasi pergerakan untuk masuk dan keluar Gaza.

Sumber: Reuters

Comments