Mercinews

Aceh

Isu Gempa-Smong Beredar di Simeulue, Sejumlah Desa Siapkan Pengungsian

Masyarakat desa Busung gotong royong persiapan adanya isu gempa 8,7 sr dan Smong atau Tsunami/ foto: Modusaceh.co

Simeulue, Mercinews.com – Isu Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 8,7 disertai Smong (Tsunami), berkembang di kalangan masyarakat Kabupaten Simeulue.

Akibat isu tadi, sejumlah desa di kabupaten kepulauan itu, saat ini telah menyiapkan tempat untuk pengungsian apabila secara tiba-tiba terjadi gempa bumi dan Smong yang diisukan tadi.

Desa Busung, Kecamatan Teupah Tengah, Simeulue, misalnya. Di daerah yang berdekatan dengan laut ini, masyarakatnya telah bergotong royong mempersiapkan tempat pengungsian di daerah pegunungan di wilayah itu.

“Gotong royong ini guna mempersiapkan tempat pengungsian apabila terjadi gempa dan Smong seperti yang diisukan,” kata Jawahir, warga desa itu, Seperti dilansir Modusaceh, Senin, 13/01/2020.

Baca juga:  Gempa 7,4 di Malut-Sulut Berpotensi Tsunami, 3 Daerah Ini Diimbau Waspada

Hal sama juga dilakukan masyarakat Desa Kuala Baru, Kecamatan Simeulue Timur, Desa Angkeu, Kecamatan Teupah Barat, serta Serta Desa Labuan Bajau, Kecamatan Teupah Selatan, Simeulue, di daerah tadi sejumlah persiapan sudah dilakukan.

Ir Ali Hasmi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue mengatakan. Terkait berkembangnya isu tadi, pihaknya menghimbau pada masyarakat yang berada di kabupaten ini untuk tetap tenang namun menjaga kewaspadaan.

“Masyarkat diminta untuk tetap tenang, beraktifitas seperti biasa, namun tetap meningkatkan kewaspadaan,” jelas Ali Hasmi.

Baca juga:  Dinsos Simeulue dan UPTD RSBM Teken MoU Penanganan Disabiltas Netra

Dikatakan, isu Gempa dan Smong ini belum pasti adanya. Sebab, segala sesuatu itu hanya Allah SWT yang mengetahuinya.

berkembangnya isu Gempa Bumi dan Smong ini, karena ada penyampaian dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang telah dimuat diberbagai media, terkait adanya segemen megathrust Nias-Simeulue yang merupakan segmen aktif dan diakui dapat menimbulkan gempa dan Smong di wilayah Simeulue.

[m/]

Comments