Dunia Islam

Janda tiga anak asal Tapanuli memeluk Islam di Aceh Jaya

Suryani Niphopila Sinaga bersama pihak Dinas Syariat Islam usai prosesi pensyahadatan di Calang, Selasa (7/1) malam. ANTARA/HO

Calang, Mercinews.com – Suryani Niphopila Sinaga (30) warga Pinang Baru, Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara memeluk Agama Islam di Calang, Kabupaten Aceh Jaya, Selasa (7/1) malam.

Proses pensyahadatan janda tiga anak tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Jaya, Tgk Abdullah Sufi di Mesjid Agung Jabarrahmah Calang.

“Waktu itu, Ibu Suryani sedang sakit-sakitan, saat ia tidur dan bermimpi jika dirinya mendapat ilham untuk berhijrah ke Agama Islam jika ia sembuh dari sakitnya,” kata Tgk Abdullah Sufi, Rabu (8/1) di Calang.

Baca juga:  Pria Asal Nias Masuk Islam di Masjid Al-Ikhlas Abdya

Ia menyampaikan berawal dari mimpi itulah dirinya mulai berniat ingin masuk Islam, namun waktu itu terhalang oleh keadaan dimana orang tua kandungnya dan juga lingkungan di tempat ia tinggal sangat tidak mendukung untuk seorang muallaf.

“Kebutulan saat itu dirinya punya kenalan orang Calang dan akhirnya dirinya meminta batuan untuk memuluskan dirinya masuk Islam yang akhirnya datang ke Aceh Jaya untuk hijrah ke Agama Islam,” kata Tgk Abdullah Sufi.

Setelah mendapat kabar baik itu, pihak Dinas Syariat Islam tidak menunggu lama dan langsung mempersiapkan prosesi pensyahadatan itu terhadap Suryani.

“Untuk namanya tidak kita ganti lagi, karena sebutan Suryani itu juga banyak nama orang Islam, mungkin juga karena kakek neneknya beragama Islam makanya nama sama seperti orang Islam,” terangnya.

Baca juga:  Aceh Jaya diusulkan sebagai kawasan ekonomi khusus

Sementara untuk saat ini Suryani masih tinggal di rumah kenalannya itu di Desa Panton Makmur, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya.

“Kita berharap semoga saudari Suryani yang baru saja hijrah agar mendapat keberkahan dan menjadi muslimah yang shalehah,” kata Abdullah Sufi. [m/]

Editor : Heru Dwi Suryatmojo

Comments