Kesehatan

Jubir Covid Apresiasi Warga Abdya Ikut Protokol Kesehatan, Satu Positif Baru

Ilustrasi corona

Banda Aceh, Mercinews.com –Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani mengapreasiasi warga Aceh Barat Daya (Abdya) yang memilih ikut protokol kesehatan untuk fardu kifayah keluarganya yang meninggal dunia, sebelum diperoleh hasil pemeriksaan swab dengan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Warga Abdya itu keluarga Mar (63), yang dirujuk RSUD Abdya ke RSUZA Banda Aceh karena hasil rapid test-nya Reaktif, namun pasien laki-laki itu meninggal dunia di perjalanan, di kawasan Lhoknga, Aceh Besar.

Jenazah Mar tiba di IGD Pinere, sekira pukul 03.00 WIB, dini hari Selasa (21/7) dan di-fardukifayah-kan oleh Ustaz Pemulasaraan Jenazah RSUZA secara Islami.

“Kita tabik pada keluarga dari Abdya itu. Mereka komit mencegah penularan virus corona meski Almarhum belum terkonfirmasi positif Covid-19,” kata SAG usai mendapat khabar dari Koordinator Tim PIE Covid-19 RSUZA, dr Novina Rahmawati, M.Si.Med, Sp.THT.KL,FICS.

Baca juga:  Darurat virus Corona, Xi Jinping Minta Warga China di luar negeri Balik Kampung

Usai proses fardu kifayah, Almarhum diantar dua orang petugas pemulasaraan jenazah untuk dimakamkan dengan protokol kesehatan di Abdya, Selasa siang, sekira pukul 10.00 WIB.

Ketegaran keluarga Almarhum yang satu ini pantas kita teladani. Keluarga memilih pengamanan otimum demi kemaslahatan keluarga dan masyarakat sekitarnya, puji SAG.

*Kasus Covid-19*

Sementara itu, SAG melaporkan penambahan satu kasus baru positif Covid-19 hari ini, Selasa (21/7/2020). Kasus 149 itu perempuan berusia 49 tahun dan tercatat sebagai warga Kota Banda Aceh. Secara akumulatif, jumlah Covid-19 Aceh sudah mencapai 149 orang dengan rincian; 65 orang dalam perawatan, 75 orang sembuh, dan 9 orang meninggal dunia.

Baca juga:  Cegah Covid-19 Museum Aceh ditutup, wisatawan hanya bisa berkunjung di luar

Sementara itu, lanjutnya, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh secara akumulatif sebanyak 2.331 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.302 orang sudah selesai isolasi mandiri, dan 29 orang dalam pemantauan Tim Gugus Tugas Covid-19.

Sedangkan, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih sama dengan kemarin, yaitu 133 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 131 kasus telah dinyatakan sembuh, dan 1 orang lainnya meninggal pada 26 Maret 2020.

Selanjutnya SAG kembali mengajak semua pihak untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tetap jaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun saat berada atau kembali dari fasilitas umum []

Comments