Aceh

Kakanwil Aceh Bersyukur Fachrul Razi Jadi Menteri Agama: Putra Aceh Terbaik

Foto: Kakanwil Kemenag Aceh M Daud Pakeh.(Foto : Agus Setyadi/detikcom)

Banda Aceh, Mercinews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Fachrul Razi sebagai Menteri Agama (Menag). Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Aceh M Daud Pakeh menilai penunjukan putra Tanah Rencong itu menjadi catatan sejarah baru.

“Alhamdulillah kita sebagai warga Aceh bersyukur bapak presiden mempercayakan bapak Jenderal Purnawirawan Fachrul Razi sebagai Menag. Ini mungkin sepanjang sejarah menjadi catatan bahwa Menag pernah dijabat oleh putra Aceh terbaik,” kata Daud kepada wartawan di kantornya, seperti dilansir detikcom, Kamis (24/10/2019).

Menurut Daud, penunjukan Fachrul sebagai menteri merupakan hak prerogatif presiden. Dia menilai Presiden Jokowi sudah punya pertimbangan yang cukup matang dalam menunjukkan para pembantunya termasuk Menteri Agama.

Baca juga:  Perusahaan Kerajaan Abu Dhabi Tertarik Investasi Non Migas di Aceh

“Nah, sisi tertentu kita melihat Fachrul Fazi basic beliau dari militer. Sebelumnya Menag juga pernah dijabat oleh militer termasuk Alamsyah Ratu Perwiranegara dari militer,” jelasnya.

Daud mengaku melihat seorang menteri itu sebagai manajer yang menentukan kebijakan. Sementara pelaksanaannya, yaitu para staf tingkat bawah hingga atas.

“Dalam komentar beliau kemarin misalnya ada menyinggung sedikit soal radikalisme. Beliau (Fachrul) punya kemampuan untuk itu yang hari ini Indonesia sedang diganggu oleh radikalisme dan beberapa hal,” ucapnya.

“Nah, tentu juga ini manajemennya dari menteri. Yang pelaksananya siapa termasuk lembaga-lembaga di bawah termasuk pondok pesantren,” katanya.

Baca juga:  Bahasa Aceh Terancam Punah Apalagi di Kota-Kota Tidak Bisa Lagi Bahasa Indatu

Daud mengaku bersyukur dengan penunjukan Fachrul sebagai Menag. Dia mengajak masyarakat mendukung program yang dibuat pemerintah.

“Sebagai warga Aceh tentu kita bersyukur dan suatu kebagian karena bapak presiden memilih putra Aceh. Kita mendukung semua program dari bapak menteri,” katanya. [m/]

 

Comments