Mercinews

Olahraga

Kalah dari Iran 2-4, Timnas Indonesia U-19 Belum Kompak

Kalah dari Iran 2-4, Timnas Indonesia U-19 Belum Kompak/ Foto: Antara

Jakarta, Mercinews.com – Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan atas Iran dalam laga uji coba. Garuda Muda dinilai belum kompak hingga bisa tumbang.

Di Stadion Patriot Chandrabhaga, Sabtu (7/9/2019), Indonesia menelan kekalahan 2-4 dari Iran. Di babak pertama, tim asuhan Fakhri Husaini ketinggalan 0-1 akibat gol Yasin Salmani lewat titik putih pada menit ke-14.

Indonesia bisa menyamakan kedudukan pada awal babak kedua via Muhammad Fajar Fatur Rahman. Lalu Iran tersengat dengan menambahtiga gol balas lewat Ali Sobhani, Aria Barzegar, dan Mahdi.

Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri memperkecil kedudukan untuk Indonesia dengan golnya pada menit ke-86. Indonesia kalah 2-4 dari Iran.

Fakhri menegaskan bahwa dirinya tak mementingkan hasil akhir di laga ini. Secara permainan, dia mengaku puas dengan penampilan Timnas U-19.

“Tapi secara permainan saya juga cukup puas di luar dari 4 gol. Kami mulai laga dengan cukup baik, kami kebobolan setelah Iran mendapatkan penalti di babak pertama. Kami samakan kedudukan, setpiece corner kemudian gol, ketiga free kick, satu-satunya gol open play keempat,” ujar Fakhri kepada pewarta.

Baca juga:  Diwarnai Dua Penalti, Iran Vs Portugal Berakhir Imbang 1-1

Salah satu hal yang menjadi catatan Fakhri adalah timnya kerap kesulitan ketika menghadapi serangan balik karena pemain panik. Lini per lini juga masih memerlukan perbaikan.

“Mereka harus tahu ketika menghadapi lawan-lawan dengan postur tinggi. Di babak pertama mereka ada upaya mengganggu lawan. Lalu, kami kehilangan konsentransi gol kedua dan ketiga sepertinya mereka kaget. Kami mencoba, sayangnya satu gol saja,” kata Fakhri lagi.

“Sebenarnya kalau kami lihat di babak kedua Iran lebih banyak menerima serangan kami buat sendiri. Brylian melakukan kesalahan karena kami buat itu dimanfaatkan pemain lawan. Babak pertama kedua tak banyak perubahan. Bisa membahayakan masuk ke dalam kotak penalti mereka. Tiga gol terjadi, kami tidak dalam dominasi Iran.” dia menambahkan.

Baca juga:  Piala Dunia 2018, Iran Menang Atas Maroko Berkat Gol Bunuh Diri

“Transisi negatif di babak kedua. Ada beberapa masalah. Ketika lini-lini sudah mulai kelihatan bekerja sendiri-sendiri, menyerang-menyerang, bertahan-bertahan susah mempertahankan gawang. Di luar kontrol kami ya. Sudah kami lakukan sebenarnya mengikuti gol di awal-awal. Kemasukan gol dalam waktu cukup cepat mereka kelihatan panik,” kata Fakhri menjelaskan.

Timnas Indonesia U-19 akan bertemu Iran lagi di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta pada 11 September. Uji coba tersebut merupakan bagian persiapan sebelum berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-19 2019 yang akan digelar pada November 2019.

Indonesia berada di Grup K bersama Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste, sementara Iran di Grup D bersama Uni Emirate Arab, Kirgistan, dan Nepal. [m/]

Sumber: detikcom

Comments